Pemanfaatan Media Sosial dalam Digitalisasi bagi Pelaku UMKM di Desa Malangsari

Authors

  • Chaerur Rozikin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ultach Enri Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-9516-5478
  • Muhammad Ihsan Muttaqin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Luqman Ramadhani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Raden Jaka Umbaran Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Tegar Difa Alhaqi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i2.1212

Abstract

Digital marketing merupakan salah satu usaha untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk melalui media internet agar bisa menjangkau konsumen maupun calon konsumen dengan cepat. Guna meningkatkan keunggulan bersaing, maka UMKM perlu meningkatkan adaptasi terhadap perkembangan teknologi pemasaran yang lagi berkembang saat ini, seperti kemampuan dalam bermedia sosial atau digital marketing. Dengan memberikan edukasi dan sosialisasi pada program kerja seminar yang dilaksanakan oleh mahasiswa untuk masyarakat yang sedang atau belum menjalankan bisnis UMKM di Desa Malangsari. Kecamatan Pedes Karawang. Kelompok KKN memberikan beberapa materi tentang sosial media dan online shop, packaging dan pemasaran, serta hukum konsumen dan penjual dalam menjalankan perdagangan.

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92.

Asiyah, siti, dkk. 2022. Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.3 (2) : 442-448

Alfarisi, Muhamad Salman. 2021. Pelatihan Pemasaran Syariah Berbasis Digital Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Mekarsari Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani. Vol.1 (1) : 1-5

Hendriadi, Ade Andri. 2019. Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.4 (2) : 120-124

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119.

Rahmana, Arief. 2009. Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009). Yogyakarta, 20 Juni 2009. Pp (B11-15)

Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE†Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142.

Setiawa, Budi. 2018. Edukasi E-Commerce Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri. Vol.2 (2) : 106-110

Downloads

Published

2022-09-30

Citation Check