Pelatihan Melafal Kata dalam Bahasa Inggris pada Kelompok Pengamen di Jatimulya Kabupaten Bekasi

Authors

  • Akhmad Subkhi Ramdani Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Noerlina Anggraeni Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jpkmht.v2i1.106

Keywords:

Pendidikan, Pendidikan Bahasa Inggris, Melafal kata, Pengamen, Voki

Abstract

Kemampuan bermain musik para pengamen yang berada di daerah Jatimulya memang tidak bisa dibilang sangat baik, namun hal itu cukup dapat menghibur para pendengarnya. Satu hal yang sangat disayangkan adalah kemampuan mereka dalam menyanyikan lagu yang menggunakan bahasa inggris. Maraknya penggunaan smartphone oleh masyarakat sekarang ini juga menjadi salah satu alasan kegiatan ini muncul. Dalam hal ini, kami memberikan sebuah pelatihan dalam bahasa inggris menggunakan multi media dengan metode audio visual yang diperuntukan bagi para pengamen agar mereka mampu untuk mengucapkan kata dalam bahasa inggris yang pada akhirnya mampu menyanyikan lagu dalam bahasa inggris tersebut secara benar dan tepat. Pelatihan ini diberikan kepada para pengamen sebanyak 12 kali pertemuan, 4 kali seminggu dengan alokasi waktu 120 menit/pertemuan dengan menggunakan media Voki sebagai alat bantu dalam pelaksanaannya. Kami juga membagi pelatihan menjadi beberapa tahapan: melafal kata, melafal huruf, dan melafal kalimat. Hal ini kami lakukan agar para pengamen tersebut lebih mudah dalam mempelajari pelafalan dalam bahasa inggris. Hasil dari kegiatan ini terlihat para pengamen tersebut terdengar mampu untuk menyanyikan lagu dalam bahasa inggris dengan baik

Author Biography

Akhmad Subkhi Ramdani, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Bahasa dan Pendidikan

References

Hakim AZ, Luqmanul. (2010). Perbedaan Motivasi Kerja antara Pengemis dan Pengamen. Surakarta: Fakultas psikologi UMS.

Gölge Seferoğlu. (2005). Improving Students’ Pronunciation through Accent Reduction Software Https://Doi.Org/10.1111/J.1467-8535.2005.00459.X

Saima Rasul. (2011). A Study to Analyze The Effectiveness of Audio Visual Aids in Teaching Learning Process at University Level. Social and Behavioral Sciences. 2(1): 78 – 81

Downloads

Published

2020-03-30

Citation Check