Hasil Keberhasilan Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Metode Naïve Bayes

Eka Puspita Sari, Yuyun Yuningsih

Abstract


Karyawan merupakan SDM yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Dimana karyawan yang baik dan memenuhi standar kualifikasi dan syarat yang diperoleh melalui rekrutmen/penerimaan karyawan yang efektif. Oleh karena itu perusahaan perlu melakukan pemilihan karyawan yang tepat, agar mendapat karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Dalam mencari pegawai/karyawan sebagai sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan tidaklah mudah. Salah satu cara yang digunakan untuk memperoleh pegawai yang berkualitas adalah dengan melakukan seleksi/pemilihan pada saat penerimaan karyawan baru. Masalah yang sering ditemukan pada setiap perusahaan adalah banyak karyawan baru yang telah direkrut oleh perusahaan, sudah diberikan pelatihan dan dapat bekerja sesuai degan prosedur perusahaan, akan tetapi dalam perjalananya banyak yang memutuskan kontrak sebelum waktu kontrak selesai, keluar atau mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas dan masuk akal, dengan adanya hal tersebut akan  sangat  merugikan perusahaan yang telah mengeluarkan biaya pada saat  perekrutan/penerimaan karyawan baru dan juga bagian atau unit yang ditinggalkan akan mengalami masalah,  karena ada kekosongan karyawan dan akan menghambat proses kinerja di bidang atau bagian tertentu. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi tersebut, maka pada saat pengambilan keputusan penerimaan karyawan baru pada suatu perusahaan dapat dilakukan dengan menggunakan metode naïve bayes, Hasil dari metode naïve bayes yang digunakan pada penelitian yang telah dilakukan tentang penerimaan/rekrutmen karyawan baru dengan data calon karyawan yang digunakan adalah 80 data mining dan 80 data testing dengan hasil akurasi yang didapatkan yaitu 95.00%.

Full Text:

PDF

References


A. A. Muin, “Metode Naive Bayes Untuk Prediksi Kelulusan,” J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 22–26, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/283828-metode-naive-bayes-untuk-prediksi-kelulu-139fcfea.pdf.

A. Andreas, E. Y. Angraeni, and A. Khumaidi, SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Konsep, Implementasi & Pengembangan. Indramayu: Penerbit Adab, 2021.

A. Hanif, S. Lailiyah, and A. Yushika, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda,” pp. 1–6, 2010.

A. M. Siregar and A. Puspabhuana, DATA MINING Pengolahan Data Menjadi Informasi dengan RapidMiner. Indonesia: CV Kekata Group, 2017.

A. S. Huda, R. M. Awangga, and R. N. S. Fathonah, Prediksi Penerimaan Pegawai Baru Dengan Metode Naive Bayes, 1st ed. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020.

A. Ilmiah, P. Studi, T. Informatika, F. T. Informasi, U. Kristen, and S. Wacana, “Implementasi Algoritma Naïve Bayes dalam Proses Analisis Efisiensi Jasa Servis Bengkel Daihatsu Cabang Salatiga Artikel Ilmiah Peneliti : Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana Agustus 2016,” 2016.

E. Kurniadi and D. Damhudi, “Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Menggunakan Metode Madm Saw,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 31–42, 2016, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/jejaring/issue/view/67.

H. S. Sunandar and M. Satar, “Tinjauan Tentang Proses Recruitment Tenaga Kerja Di Kantor Pusat Pt. Y Bandung,” Indept, vol. 6, no. 1, pp. 24–34, 2016.

N. V. Z. Keni Puspita Sari, “Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Di Cv Surya Abadi,” J. TAM(Technology Accept. Model., vol. 4, pp. 75–79, 2017.

Tobari, “Penerimaan Pegawai Baru,” pp. 35–36, 2015.

P. P. Adi, Mardianto, 2014, Management Recruitmen. Jakarta, No Title. 2014.

P. Mekel and J. Sendow, “Pengaruh Perekrutan, Motivasi Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt. Pln (Persero) Wilayah Suluttenggo,” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 1152–1161, 2015, doi: 10.35794/emba.v3i1.7929.

R. T. Vulandari, Data mining : teori dan aplikasi rapidminer. Yogyakarta: Yogyakarta : Gava Media, 2017 ©2017, 2017.

R. Taufiq and A. A. Permana, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Simple Additive Weighting Studi Kasus PT. Trafoindo Prima Perkasa,” J. Al-AZHAR Indones. SERI SAINS DAN Teknol., vol. 4, no. 4, p. 186, 2018, doi: 10.36722/sst.v4i4.309.

S. Diajukan and G. S. Komputer, NAÏVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI RESIGN KARYAWAN BARU ( STUDY KASUS : PT TOYO SEAL INDONESIA ) Disusun Oleh : Ahmad Muttohir PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA. 2018.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i1.909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eka Puspita Sari, Yuyun Yuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats