Sentimen Analisis pada Sosial Media Twitter untuk Menilai Respon Masyarakat terhadap Seleksi Kartu Prakerja

Prasetyo Adi Nugroho, Nur Sucahyo, Ike Kurniati

Abstract


Pemerintah selama tahun 2020 dan 2021 menyelenggarakan program kartu prakerja agar tercipta SDM yang unggul untuk indonesia maju di masa yang akan datang sekaligus menekan angka pengangguran di indonesia. Permasalahannya  belum ada kejelasan pelaksanaan apakah program ini akan di lanjutkan atau tidak, berbagai kendala yang di hadapi baik calon peserta maupun yang sudah menjadi peserta masih kebingungan dengan program tersebut karena minimnya sosialisasi yang di dapat, sehingga banyak menimbulkan berbagai sentimen di media sosial khususnya twitter baik itu sentimen positif, negatif ataupun netral. Analisis sentimen menggunakan metode CRIPS-DM yang merupakan standar yang digunakan pada bidang data mining melalui proses-proses business understanding, data understanding, data preparation, data modeling, evaluation dan deployment. Hasil penelitian berupa visualisasi sentimen analisis prakerja yang disimpan dalam format Tableau memuat jumlah total tweets favorit, jumlah re-tweets teratas berdasarakan topik, persentase jumlah sentimen positif, netral dan negatif berdasarkan count_of_hasilsentiment / count_id. Word cloud menampilkan deretan 10 topik yang paling banyak di perbincangkan di sosial media twitter berdasarkan topic_count. Time series menampilkan tahun bulan dan tanggal pengambilan data di twitter pada periode bulan Febuari sampai April tahun 2021 dalam bentuk grafik berdasarkan id pengguna. Nilai sentimen diklasifikasikan kedalam tiga kategori dengan menggunakan algoritma naïve bayes. Untuk sentimen negatif dengan total id pengguna sebanyak 5,859 dengan besaran persentase 12,98%, untuk sentimen netral dengan total id pengguna sebanyak 22,291 dengan besaran persentase 49,40%, dan terakhir untuk sentimen positif dengan total id pengguna sebanyak 16,972 dengan besaran persentase 37,61%. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar masyarakat tidak pro dan kontra atau berada pada posisi netral atas program kartu prakerja tersebut.


Full Text:

PDF

References


Alfikr, Muhammad Zunan. (2020). Strategi Algoritma Analisis Sentimen Twitter Terhadap Kartu Prakerja Di Tengah Pandemi COVID-19 Menggunakan Algoritma Pencocokan String Dan Library TextBlob. Bandung. https://informatika.stei.itb.ac.id /~rinaldi.munir/Stmik/2019-2020/Makalah/Makalah-Stima-2020-031.pdf.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). Tentang Kartu Prakerja. https://www.prakerja.go.id/tentang-prakerja (August 30, 2021).

Mustaqim, Ilmawan, and Nanang Kurniawan. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro 1(1): 36–48.

Nurzahputra, Aldi, and Much Aziz Muslim. (2016). “Analisis Sentimen Pada Opini Mahasiswa Menggunakan Natural Language Processing.” In Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK), Semarang: Jurusan Ilmu Komputer, Universitas Negeri Semarang, 114–18.

https://ilkom.unnes.ac.id/snik/prosiding/2016/18.SNIK_366_Analisis Sentimen.pdf.

Sucahyo, Nur, Lela Nurlaela, and Robbi Rekto Waryono. (2021). Analisis Sentimen Masyarakat Jakarta Terhadap Kebijakan Perluasan Dan Perpanjangan Ganjil Genap Di Media Sosial Twitter. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer 7(2): 97–111. http://journal.thamrin.ac.id/index.php/jtik/article/view/506.

Sudiantoro, Adhi Viky, and Eri Zuliarso. (2018). Analisis Sentimen Twitter Menggunakan Text Mining Dengan Algoritma Naive Bayes Classifier. Dinamika Informatika 10(2): 69–73.

Suhanda, Yogasetya, Ike Kurniati, and Siti Norma. (2020). “Penerapan Metode Crisp-DM Dengan Algoritma K-Means Clustering Untuk Segmentasi Mahasiswa Berdasarkan Kualitas Akademik.” Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer MH Thamrin 6(2): 12–20.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Sucahyo, Arif Rahman, Ike Kurniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats