Simulasi Otomatisasi Sistem Penyiraman Tanaman Menggunakan Moisture Sensor Berbasis Mobile

Mohammad Narji, Rano Agustino, Dedi Setiadi, Muhammad Ridwan Effendi

Abstract


Penelitian ini membuat seperangkat alat untuk memonitoring kelembapan tanah yang disertai dengan penyiraman tanaman berbasis mobile. Manfaat  alat pendeteksi kelembapan tanah disertai penyiraman tanaman ini bertujuan untuk mempermudah pekerjaan pengukuran kelembapan dari tanah yang disertai dengan penyiraman. Pada alat monitoring kelembapan tanah disertai penyiraman tanaman tersusun dari komponen-komponen elektronika, yang terdiri dari Arduino Uno sebagai system controller dari semua unit rangkaian, sedangkan sensor soil moisture berfungsi untuk mengukur kelembapan dari tanah, Cara kerja dari sensor soil moisture untuk mengukur kelembapan tanah. Sedangkan blynk digunakan untuk mengirimkan sinyal kelembapan tanah  melalui handphone. Setelah itu akan terbentuk hasil dari pembacaan nilai sensor adalah kering, lembap dan basah sesuai dengan nilai range yang telah ditetapkan. Kondisi tanah basah   dengan nilai range yaitu 150 sampai dengan 350, kondisi tanah lembap dengan nilai range yaitu 351 sampai dengan 475, kondisi tanah Kering  nilai  yaitu 476 sampai dengan 1023. Dari hasil pengujian sistem monitoring kelembapan tanah dan penyiraman tanaman dapat mendeteksi kelembapan tanah dan penyiraman tanaman, kemudian blynk akan  mengotomatisasi untuk mengirimkan sinyal ke handphone dari pemilik tanah tersebut.  


Full Text:

PDF

References


Agustino, Rano, et al. "Pelatihan Penggunaan Aplikasi SILPPM Pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Universitas Mohammad Husni Thamrin." Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin 3.1 (2021): 17-21.

Akhmad Wahyu Dani, Aldila. 2017 “Rancang Bangun Sistem Pengairan Tanaman Menggunakan Sensor Kelembaban Tanah”. Jurnal Teknik Elektro Universitas Mercu Buana Jakarta, Indonesia. ISSN: 2086‐9479.

Agustino, Rano, et al. "Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Universitas Mohammad Husni Thamrin: Sistem Informasi LPPM, Sistem Database LPPM, Rancang Bangun LPPM." Jurnal Jaring SainTek 2.1 (2020).

Dharmawan, H. A., 2017. Mikrokontroler Konsep Dasar dan Praktis. Edisi Pertama. Malang: UB Press.

Hidayatullah, P. & Kawistara, J. K., 2017. Pemrograman Web Edisi Revisi. Edisi Pertama. Bandung: Informatika.

Kadir, A., 2017. Pemrograman Arduino & Android Menggunakan App Inventor. Edisi Pertama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sidik, B., 2017. Pemrograman Web dengan PHP7. Edisi Pertama. Bandung: Informatika.

Utami, F. H. & Asnawati, 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Edisi Pertama. Sleman: deepublish.

Yohandri & Asrizal, 2016. Elektronika Dasar 1: Komponen, Rangkaian, dan Aplikasi. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Dharma, K. A. (2015). Trik Kolaborasi android. jakarta: loko media.

Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2014). Software Enginnering A Practitioner's Approach (8th ed.). London: Mc Graw - Hill Education.

Wicaksono, M. F. (2017). Mudah Belajar Mikrokontroller Arduino. Bandung: Informatika.

Parashar, S. ., Zaid, M., Vohra, N. & Kumar, S., 2018. Advance IOT Based Home Automation. International Journal of Advance Research and Development, 3(3), p. 113.

Sahana, H. S. et al., 2017. Office Automation System Using Internet of Things. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 04(07), p. 1619.

Gunawan, Marliana Sari. “Rancang Bangun Alat Penyiram Tanaman Otomatis Menggunakan Sensor Kelembaban Tanah”. Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Medan. SSN : 2598 –1099 (Online) ISSN : 2502–3624(Cetak). Journal of Electrical Technology, Vol. 3 No. 1, Februari 2018.

Wulantika Sintia, dkk. 2018. “Rancang Bangun Sistem Monitoring Kelembaban Tanah dan Suhu Udara Berbasis GSM SIM900A DAN ARDUINO UNO”. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, JPMIPA FKIP, Universitas Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, Volume 1 Nomor 2 (2018).




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i1.853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mohammad Narji, Rano Agustino, Dedi Setiadi, Muhammad Ridwan Effendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats