Rancang Bangun Alat Kendali Smart Building Berbasis Wemos Pada PT. Citra Solusi Pratama

Tata Sutabri, Muhammad Bahrul Lutfianto, Yohanes Bowo Widodo, Rio Andriyat Krisdiawan

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang pesat mempengaruhi perkembangan industri elektronika. Perubahan sistem analog menjadi sistem digital merupakan salah satu hal yang menjadikan perkembangan perangkat elektronik menjadi sangat cepat. Salah satu perangkat elektronik yang berkembang pesat saat ini adalah perangkat elektorinik untuk smart building. Dari latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk membuat alat kendali smart building dengan menggunakan Wemos D1 mini dan berbasis web kontrol. Smart building  dirancang dengan menggunakan perangkat keras seperti Wemos D1 mini, modul relay, kabel jamper, lampu serta laptop untuk menampilkan web kontrol monitoring lampu dan alat elektronik lainnya. Modul relay akan mengendalikan lampu yang akan dikontrol oleh Wemos D1 mini sebagai mikrokontrolernya. Selanjutnya dari Wemos D1 mini akan menyimpan program yang sudah dibuat untuk menjalankan relay dan lampu secara realtime dari laptop menggunakan media koneksivitas internet. Aplikasi smart building di laptop akan menampilkan dan menyimpan data yang telah diterima dari software arduino.


Full Text:

PDF

References


Azifah, S. K., & Waspada, I. (2017). Rancang Bangun Smart Building Dalam Memantau Dan Mengendalikan Lampu Secara Realtime Berbasis Websocket. INFOKAM, 13(2).

Kusuma, N. A. A. (2018). Rancang bangun smart home menggunakan wemos d1 r2 arduino compatible berbasis esp8266 esp-12f (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rusdiansyah, R. (2018). Membangun Prototype Sistem Informasi Arsip Elektronik Surat Perjanjian Kerjasama Pada Business Support Departement. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(2), 157-162.

Kasuma, H. (2013). Rancang Bangun Pengendali Komunikasi Serial Modem Menggunakan Mikrokontroler Sebagai Alat Kontrol Jarak Lampu Penerangan (Doctoral Dissertation, Stmik Atma Luhur).

Masykur, F., & Prasetiyowati, F. (2016). Aplikasi rumah pintar (smart home) pengendali peralatan elektronik rumah tangga berbasis web. J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 3(1), 51-58.

Widodo, Y. B., Ichsan, A. M., & Sutabri, T. (2020). Perancangan Sistem Smart Home Dengan Konsep Internet Of Things Hybrid Berbasis Protokol Message Queuing Telemetry Transport. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 124.

https://www.wemos.cc/en/latest/ diakses pada tanggal 23 april 2021

Syahwil, Muhammad. (2013). Panduan Mudah Simulasi & Praktek Mikrokontroler Arduino. Yogyakarta: Penerbit Andi.

https://www.researchgate.net/figure/Gambar-2Model-PrototypePressman-2010_fig1_327719365 diakses pada tanggal 15 mei 2021

https://proxis.co.id/ diakses pada tanggal 28 mei 2021




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i1.851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tata Sutabri, Muhammad Bahrul Lutfianto, Yohanes Bowo Widodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats