Analisis Kebutuhan Hard Skill Komputer untuk Program Studi Sarjana Terapan Keuangan dan Perbankan PNJ

Rahmanita Vidyasari, Rodiana Listiawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan kompetensi penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dunia kerja terutama dunia perbankan dalam menghadapi era persaingan pasar bebas ASEAN (MEA) serta revolusi industri yang telah berada di era industry 4.0 yang menuntut kompetensi tinggi sumber daya manusia industri mengarah kepada bidang teknologi informasi dan komputer. [DNSM1] Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan hard skill yang dibutuhkan lulusan program studi sarjana terapan keuangan dan perbankan saat ini berdasarkan beberapa mata kuliah praktikum yang ada di kurikulum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menyebar angket (kuisioner) kepada lulusan program studi sarjana terapan untuk menjaring informasi, pendapat, data, dan masukan alumni tentang kebutuhan, kebermanfaatan, kesesuaian dan kecukupan materi komputer. Angket yang digunakan dibuat dalam bentuk online menggunakan google form yang disebarkan kepada para lulusan tahun 2017-2018. Data dianalisis dengan menggunakan analisis penelitian kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesesuaian dan kecukupan materi mata kuliah praktikum sudah memenuhi kebutuhan industri. (2) mata kuliah praktikum Komputer Akuntansi yang mempelajari aplikasi MYOB perlu ditinjau kembali, (3) diperlukan sertifikasi keahlian di bidang komputer atau bidang keuangan untuk mendukung lulusan saat melamar pekerjaan.

 


Full Text:

PDF

References


Alam. (2012). Analisa Pengaruh Hard skill, Soft skill dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjual an (Studi Pada Tenaga Kerja penjualan PT. Bumiputera Wilayah Semarang). Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Bringula, R. P., Balcoba, A. C., & Basa, R. S. (2016). Employable Skills of Information Technology Graduates in the Philippines: Do Industry Practitioners and Educators have the Same View? 21st Western Canadian Conference on Computing Education (p. Article 10). Kamloops: Thompson Rivers University.

Channel, E. (n.d.). Pengertian Microsoft Excel, Fungsi dan Manfaatnya. Retrieved Maret 27, 2019, from Belajar Office.com: https://www.belajaroffice.com/pengertian-microsoft-excel-fungsi-dan-manfaatnya/

Dini. (2015, September 12). 7 Kelebihan dan Kekurangan Software MYOB. Retrieved September 4, 2019, from DosenIT: https://dosenit.com/software/akuntansi/kelebihan-dan-kekurangan-software-myob

Farouk, M., & Djaali. (2005). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Restu Agung.

Gultom, S. (2009). Implementasi Soft Skill dalam Pembelajaran: Upaya yang Strategis dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Komputer, T. (2014, Maret). Pengertian Microsoft Word dan Fungsinya. Retrieved Maret 27, 2019, from Teori Komputer - Tutorial Komputer dan Jaringan: http://www.teorikomputer.com/2014/03/pengertian-microsoft-word-dan-fungsinya.html

LSP-IPI. (2017, November 20). Kompetensi Sebagai Kunci Masuk Dunia Kerja. Retrieved Maret 27, 2019, from LSP-IPI: http://www.lsp-ipi.org/kompetensi-sebagai-kunci-masuk-dunia-kerja

McKay, D. R. (2009). Everything Practice Interview Book: Make The Best and Get The Job You Want. Amerika: Adams media.

Meldona. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia; Perspektof Integratif. Malang: UIN-Maliki Press.

Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualititatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustikawati, R. I., Nugroho, M. A., Setyorini, D., Yushita, A. N., & Timur, R. P. (2016). Analisis kebutuhan Soft Skill dalam Mendukung Karir Alumni Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(2), 13-20.

Patacsil, F. F., & Tablatin, C. L. (2017). Exploring The Importance of Soft and Hard Skills as perceived by IT Internship Students and Industry: A GAP Analysis. Journal of Technology and Science Education, 347-368.

PNJ. (2015). Renstra PNJ 2015-2109. Depok: PNJ.

Prastomo, N. D., Prabowo, T. J., & Muid, D. (2016). Analisis Kualifikasi yang Dibutuhkan Lulusan AKuntansi untuk Memasuki Dunia Perbankan di Indonesia. Jurnal Akuntansi & Bisnis, 1-18.

Radermacher, A., Walia, G., & Knudson, D. (2014). Investigating the Skill Gap Between Graduating Students and Industry Expecations. 36th International Conference on Software Engineering (ICSE Companion 2014) (pp. 291-300). Hyderabad: Association for Computing Machinery.

RI, K. (n.d.). Permendikbud Tahun 2014 Nomor 081. Retrieved November 27, 2019, from Universitas Negeri Makassar: https://www.unm.ac.id/files/surat/permendikbud_tahun2014_nomor081.pdf

Rialyta, S. (2014, Oktober 7). Mengapa Perusahaan Perlu Pengetahuan Kompetensi dan Motivasi? Retrieved Maret 27, 2019, from https://www.kompasiana.com/septhiaarr/54f96088a333112b058b4ddf/mengapa-perusahaan-perlu-pengetahuan-kompetensi-dan-motivasi

Scaffidi, C. (2018). Employers' Need for Computer Science, Information Technology, and Software Engineering Skilss Among New Graduates. International Journal of Computer Science, Engineering and Information Technology (IJCSEIT), 8(1), 1-12.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kualititatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabet.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i1.840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rahmanita Vidyasari, Rodiana Listiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats