Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Website J&T Dengan Menggunakan Metode Webqual

Sita Anggraeni, Fariz Caisar Harum, Gilang Fatur Ramadhan, Ipin Sugiyarto

Abstract


Website merupakan teknologi yang sangat penting untuk menyampaikan informasi dengan mudah karena di zaman sekarang akses internet sangat mudah. Pelaku bisnis seperti PT Global Jet Express atau sering dikenal dengan PT J&T ini sangat mengandalkan teknologi yang ada saat ini. Mereka menggunakan website untuk memberi kepuasan terhadap pelanggan yang menggunakan jasa pengirimannya. Karena melalui website PT J&T bisa memberikan kemudahan bagi pelanggan karena websitenya bisa memberikan informasi tentang keberadaan barang pelanggan, harga pengiriman barang antar wilayah dan lain-lain. Penelitian ini membahas tentang pengaruh website terhadap kepuasan pelanggan melalui metode webqual. Webqual yaitu metode pengujian yang mengutamanakan  Usability, Information Quality, Service Interaction dan Kepuasan Pelanggan maka dari itu webqual adalah metode sangat praktis untuk menguji suatu website. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menggunakan metode webqual pada website J&T sangat baik terutama pada point Usability

Full Text:

PDF

References


A. Hidayat, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Voucher Isi Ulang XL di Universitas Semarang,” J. Has. Ris., 2013.

C. Budihartanti, S. Rusiyati, and M. Badrul, “Evaluasi Kualitas Website Bpjs Kesehatan Menggunakan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 3, no. 4, pp. 63–69, 2019.

F. Titiani, Erni, D. Riana, C. Budihartanti, S. Rahmatullah, and T. A. Tutupoly, “Analysis of User Satisfaction on Corona.Jakarta.go.id Website: Use Webqual Method 4.0,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1641, no. 1, pp. 0–6, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1641/1/012015.

J. Wirtz and C. Lovelock, Service Marketing, Ninth. USA: World Scientific, 2021.

M. D. S. Randu and B. Hartono, “Keberlanjutan Dimensi Ekonomi, Teknologi Infrastruktur, dan Hukum Kelembagaan untuk Evaluasi Pengembangan Kuda Sandelwood di Kabupaten Sumba Barat Daya,” J. Sain Peternak. Indones., vol. 15, no. 1, pp. 50–59, 2020, doi: 10.31186/jspi.id.15.1.50-59.

M. Kharisma and S. Anggraeni, “Pengaruh Kualitas Layanan Bjb Net Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Bjb Rasuna Said Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. TECHNO Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 13–18, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/viewFile/808/pdf.

M. Ngafifi, “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya,” J. Pembang. Pendidik. Fondasi dan Apl., vol. 2, no. 1, pp. 33–47, 2014, doi: 10.21831/jppfa.v2i1.2616.

M. Sitinjak Daniel Dido Jantce TJ and J. Suwita, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kursus Bahasa Inggris Pada Intensive English Course Di Ciledug Tangerang,” Ipsikom, vol. 8, no. 1, 2020.

N. Agustina, “Kualitas Layanan Website E-Commerce Lazada.co.id Menggunakan Teknik Pengukuran WebQual,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 34, no. 5, p. 13, 2016, doi: 10.1364/josaa.34.000798.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i1.825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sita Anggaraeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats