Perancangan Aplikasi Berbasis Android Jadwal Service Sepeda Motor Pada Bengkel Ridho Motor

Muhammad Ridwan Effendi, Fenty Tristanti Julfi, Mohammad Narji, Dandi Wanara

Abstract


Abstrak

Kendaraan bermotor merupakan alat yang digunakan sebagai alat bantu manusia untuk bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Salahsatu kendaraan bermotor yang ada pada saat ini adalah motor. Motor sebagai kendaraan bagi masyarakat memerlukan perawatan agar terawat dan tidak mudah rusak. Untuk melakukan perawatan dan pergantian suku cadang, maka memerlukan sarana bengkel. Karena bengkel dapat melakukan perawatan dan pergantian suku cadang yang sudah rusak. Bengkel motor yang ada saat ini ada dua jenis, yaitu bengkel resmi/ATPM dan tidak resmi. Pada bengkel diluar bengkel resmi juga banyak dikunjungi oleh pemilik motor dari berbagai merek. Salahsatu bengkel motor milik perorangan adalah bengkel yang memiliki nama Bengkel Ridho Motor. Untuk mengadministrasi dan merawat data pelanggan, seperti memberitahukan jadwal service, jadwal pergantian suku cadang dan lain-lain. Untuk memudahkan dalam pemberitahuan kepada pelanggan, maka pemilik merasa perlu membuat aplikasi berbasis mobile dari bengkel yang dikelola. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah memudahkan pemilik memberitahukan jadwal service dan pergantian suku cadang kepada pelanggan. Perancangan aplikasi berbasis mobile ini menggunakan bahasa pemrograman berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode pembangunan aplikasi yaitu metode waterfall. Hasil akhir penelitian ini adalah berupa aplikasi berbasis mobile menggunakan android.

 

Kata kunci : Perancangan Aplikasi Service, Bengkel Sepeda Motor, Android


Full Text:

PDF

References


Agustino, R., Widodo, Y. B., Wiyatno, A., & Saputro, M. I. (2020). Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Universitas Mohammad Husni Thamrin. Jurnal Jaring SainTek, 2(1), 1-12.

Jogiyanto H.M , 1990Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Offset.

Kadir, Abdul. (2017). Pemrograman Arduino dan Processing. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Kusrini M.Kom, 2007. Strategi Perencanaan dan Pengelolaan Basis Data.: Andi

Offset.

Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering : A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. Mc Graw Hill Higher Education.

Shalahuddin, Rosa 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek.

S. Yuniar, Sistem Operasi Andal Android. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012

Wibawanto, W., 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif

Sopian, A., Agustino, R., & Wiyatno, A. (2020). Perancangan Aplikasi Surat Menggunakan Framework Codeigniter Dan Bootstrap Pada LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 6(2), 47-62.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v7i2.649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Ridwan Effendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats