Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Diabetes Berbasis Web Menggunakan Algoritma Naive Bayes

Yohanes Bowo Widodo, Silvia Ayu Anggraeini, Tata Sutabri

Abstract


Diabetes merupakan penyakit menahun yang akan diderita seumur hidup oleh penderitanya. Diabetes dapat memicu berbagai komplikasi penyakit berbahaya lainnya, jika terlambat ditangani. Banyak masyarakat yang awalnya tidak tahu bahwa mereka menderita penyakit diabetes karena tidak mempunyai pengetahuan dasar mengenai penyakit diabetes serta mengalami keterbatasan waktu untuk melakukan konsultasi kepada dokter. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah sistem pakar yang dapat mendeteksi kemungkinan menderita penyakit diabetes berdasarkan gejala-gejala yang telah dimasukkan. Sistem ini juga memberikan rekomendasi berupa informasi dan solusi terhadap penyakit tersebut.  Sistem pakar yang dirancang menerapkan perhitungan algoritma naive bayes. Algoritma Naive bayes merupakan pengklasifikasian dengan nilai probabilitas dan statistik yang memprediksi peluang di masa depan berdasarkan pengalaman di masa sebelumnya.  Berdasarkan hasil analisa, sistem ini dapat menangani proses konsultasi pengguna dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi. Hasil pengujian sistem pakar diagnosis penyakit diabetes dengan menguji rule diagnosis menggunakan algoritma naive bayes yang dilakukan melalui dataset uji sebanyak 30 kali, maka hasilnya sudah sesuai dengan kepakaran yang didapat melalui data hasil pengujian sistem whitebox dan blackbox testing.

 


Full Text:

PDF

References


Andryanto, I., Santoso, E., dan Suprapto. 2018. Pemodelan Sistem Pakar Untuk Menentukan Penyakit Diabetes Mellitus Menggunakan Metode Naive Bayes Studi Kasus : Puskesmas Poncokusumo Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(2): 880 – 887.

Dantes, R.G., Setemen, K., Marti, N.W., Arthana, I.K.R., Mahedi, K.S., dan Suputra, P.M. 2019. Pengantar Basis Data. Penerbit: PT. Raja Garafindo Persada. Depok.

Enterprise, Jubilee. 2017. Otodidak MySQL Untuk Pemula. Penerbit: PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Gumilar, Adjeng Nawang. 2016. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Diabetes Melitus Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web. Skripsi Program S1 Sistem Informasi Universitas Nusantara PGRI. Surabaya.

Hidayat, W., Wandanaya, A.B. dan Fadriansyah, R., 2016. Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi Dan Informasi Di SMK Avicena Rajeg Tangerang. Jurnal Cerita, 2(1): 56-69.

Husada, Ahmad Adi. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Clinical Pathway Penyakit Kandungan Pada Ibu Hamil Menggunakan Algoritma Naive Bayes. http://eprints.umm.ac.id/28092. 25 April 2016 (10:07 WIB).

Kurniawan, Chalid. 2018. Komplikasi Pada Mata Karena Diabetes-Pencegahan dan Penanganan Diabetes Pada Mata. Penerbit: Andi. Yogyakarta.

Maharani, M.A., 2018. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi dengan Codeigniter dan Laravel. Penerbit: Lokomedia. Yogyakarta.

Munawar. 2018. Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML (Unified Modeling Language). Penerbit: Informatika Bandung. Bandung.

Nugroho, Bunafit. 2019. Aplikasi Pemrograman Web Dinamis Dengan PHP dan MYSQL. Penerbit: Gava Media. Yogyakarta.

Putri, Resthie Rachmanta. 2019. 12 Jenis Diabetes Melitus yang Mungkin Mengintai Anda. https://www.klikdokter.com/infosehat/read/3629207/12-jenis-diabetes-melitus-yang-mungkin-mengintai-anda. 24 Juni 2019 (12:30 WIB).

Ramadhan, P. S., dan Pane, U.F.S., 2018. Mengenal Metode Sistem Pakar. Cetakan Pertama. Penerbit: Uais Inspirasi Indonesia. Ponorogo.

S, Rosa A., dan Shalahuddin, M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit: Informatika Bandung. Bandung.

Sa'ad, M. Ibnu. 2020. Otodidak Web Programming: Membuat Website Edutainment. Penerbit: PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sadewa, I. and Siahaan, K., 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Berbasis Web pada Universitas Batanghari. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 1(2): 135-146.

Saleh, A., 2016. Implementasi Metode Klasifikasi Naive Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga. Creative Information Technology Journal, 2(3): 207-217.

Saputra, Agus. 2018. Panduan Praktis Dan Jitu Menguasai Framework CodeIgniter 3. Penerbit: CV ASFA Solution. Cirebon.

Tandra, Hans. 2017. Segala Sesuatu Yang Harus Anda Ketahui Tentang Diabetes. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Widyorini, E. and Van Tiel, J.M., 2017. Disleksia: Deteksi, Diagnosis, Penanganan di Sekolah dan di Rumah. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Penerbit: Prenada. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v7i1.507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yohanes Bowo Widodo, Silvia Ayu Anggraeini, Tata Sutabri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats