Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process Untuk Penentuan Aplikasi Berbasis Enterprise Resources Planning

Willy Hihola, Santoso Setiawan, Fitri Latifah, Ummu Radiyah

Abstract


Enterprise Resources Planning atau ERP adalah kumpulan dari beberapa sistem aplikasi yang saling terintegrasi. Namun tidak semua sistem aplikasi yang ada di ERP tersebut sesuai atau cocok dengan yang di butuhan perusahaan pemakai, kendala biaya menjadi salah satu pertimbangannya. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian dengan metode yang tepat agar hasilnya bisa digunakan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan atau menentukan sistem aplikasi mana sajakah yang benar – benar dibutuhkan oleh perusahaan tersebut yang sesuai dengan jenis bidang usahanya. Metode Analytical Hierarchy Process atau AHP adalah salah satu metode dalam sistem pendukung keputusan. Setelah dilakukan penelitian dengan metode AHP yang dimulai dari identifikasi masalah, studi literatur, kriteria pemilihan aplikasi berbasis ERP, pengumpulan data sekunder dan primer, hingga pengolahan data, hingga diperoleh jenis aplikasi berbasis ERP yang diminati oleh user. Hasil tersebut dapat membantu pihak manajemen dalam menentukan aplikasi berbasis ERP mana yang akan digunakan oleh pihak perusahaan

Kata kunci: Analytical Hierarchy Process (AHP), Enterprise Resources Planning (ERP), Sistem Pendukung Keputusan.


Full Text:

PDF

References


Asadabadi, M. R., Chang, E., & Saberi, M. (2019). Are MCDM methods useful? A critical review of Analytic Hierarchy Process (AHP) and Analytic Network Process (ANP). Cogent Engineering, 6(1).

Khasanah, R., Raharjo, K., (2017). Analisis Penerapan Metode Target Costing Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi Untuk Memaksimalkan Laba ( Studi Kasus Pada Perusahaan Kecap Kuda Kaloka di Salatiga Tahun 2016 ).

Maseleno, A., Rizqi Al Akbar, M., & Fitrian, Y. (n.d.). Dismissal Working Relationship using Analytic Hierarchy Process Method. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/327201007

Putra, A. A., Kusrini, K., & Pramono, E. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Control Panel Virtual Private Server Menggunakan Metode Ahp Dan Saw. Creative Information Technology Journal, 5(1), 14.

Shabbir, R., & Ahmad, S. S. (2016). Water resource vulnerability assessment in Rawalpindi and Islamabad, Pakistan using Analytic Hierarchy Process (AHP). Journal of King Saud University - Science, 28(4), 293–299.

Suminten. (2019). Implementasi Enterprise Resource Planning (Erp) Pada Usaha Pithik Sambel Ndesso Berbasis ODOO. Jurnal PROSISKO, 6(1). Retrieved from https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/1127

Tantangan, D., Sosial Banuprasetyo, P., & Trisyanti, D. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 22–27.

Wang, T.-K., Zhang, Q., Chong, H.-Y., & Wang, X. (2017). Integrated Supplier Selection Framework in a Resilient Construction Supply Chain: An Approach via Analytic Hierarchy Process (AHP) and Grey Relational Analysis (GRA). Sustainability, 9(2), 289.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v7i1.500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Willy Hihola, Santoso Setiawan, Fitri Latifah, Ummu Radiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats