Perancangan Sistem Smart Home Dengan Konsep Internet Of Things Hybrid Berbasis Protokol Message Queuing Telemetry Transport

Yohanes Bowo Widodo, Ade Muhammad Ichsan, Tata Sutabri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rasa kenyamanan, keamanan dan efisiensi bagi user atau pemilik rumah dalam mengendalikan dan memonitoring peralatan elektronik yang digunakan dirumah dengan pemanfaatan teknologi smartphone dan koneksi internet agar dapat melakukan pengendalian dari jarak jauh. Dengan tujuan tersebut, maka dibuatlah perancangan sistem Smarthome dengan konsep Internet of Things Hybrid berbasis Protokol Message Queuing Telemetry Transport (MQTT).

Pada penelitian ini, dikembangkan suatu sistem User interface yang terdiri dari aplikasi berbasis android yang terhubung dengan aplikasi google assistant. Sistem ini menggunakan protokol MQTT karena  menggunakan energi yang sangat sedikit dibandingkan dengan protokol lainnya, dan dapat bekerja dengan baik di dalam lingkungan yang memiliki bandwidth rendah dan latency yang tinggi.

Untuk mengevaluasi performa dari sistem ini, dilakukan pengujian dengan menggunakan metode prototyping yang terhubung dengan aplikasi  berbasis android dan terintegrasi dengan aplikasi google assistant. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, sistem ini dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan perintah tombol maupun perintah suara dan dapat berfungsi sebagaimana dengan tujuan awal penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Andri kuniyo & kusrini (2007). Membangun sistem informasi akuntansi dengan visual basic & sql server.

Eisenman, B. (2015). Learning react native: Building native mobile apps with JavaScript. " O'Reilly Media, Inc.".

Totok budioko (2016). Sistem monitoring suhu jarak jauh berbasis internet of things menggunakan protokol MQTT. Jurusan teknik komputer STIMIK AKAKOM Yogyakarta.

Trisiana, D. H., & Indra, L. (2016). Rancang bangun saklar lampu otomatis dan monitoring suhu rumah menggunakan VB.Net dan Arduino. Jurnal teknologi rekayasa (2016:67-72).

Alfian, O. M., M. Firza. P., & Julio, R. S. C., (2016). Sistem monitoring suhu dan kelembapan ruangan berbasis web. Sekolah tinggi teknik – PLN Jakarta.

Zulhipni, R. S., (2016). Perancangan monitoring suhu ruangan menggunakan arduino berbasis android di PT. Tunggal idaman abdi cabang palembang. JTI (2016:2).

Ichsan adisti, B. A., (2017). Monitoring suhu pemanas portable berbasis arduino yang terintegrasi dengan android. Jurusna teknik elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Borg and Gall (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London. Longman inc.

Emizir. (2011). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gay, L.R. (1991). Educational Evaluation And Measurement: Com-petencies for analysis and application. Second edition. New York: Macmillan Publishing Company.

I Wayan Santyasa. (2009). Metode Penelitian Pengembangan & Teori Pengembangan Modul. Makalah Disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tanggal 12-14 Januari 2009, Di Kecamatan Nusa Penida kabupaten Klungkung

Rita C. Richey, J. D. K., Wayne A. Nelson. (2009). Developmental Research : Studies of Instructional Design and Development.

Silvia, A. F., Haritman, E., & Mulyadi, Y. (2014). Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android. Electrans, 13(1), 1-10.

Pressman, Roger S. 2005. Software Engineering. New York: McGraw Hill.

Ashton, Kevin. 2017. Making sense of IoT - How the Internet of Things became humanity's nervous systems. Hewlett Packard Enterprise.

Yehuda, 2013, Purwarupa Sistem Rumah Cerdas Berbasis Arduino Uno yang Dikendalikan dengan Smartphone Android, Skripsi, Program

Studi Elektronika Instrumentasi FMIPA UGM, Yogyakarta.

Yurmama S., T. F. dan Azman, N., 2009, Perancangan Software Aplikasi Pervasive Smart Home, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v6i2.302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yohanes Bowo Widodo, Ade Muhammad Ichsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats