PERANCANGAN APLIKASI UNTUK PERHITUNGAN PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Reni Febrianti, Gunawan Gunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi untuk menghitung dan menganalisis Pengaruh Disiplin Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Intelix Global Crossing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Adapun variabel yang dihubungkan dalam penelitian ini adalah variabel Disiplin Kerja (X1), Pengembangan Karir (X2), dan variabel Kinerja Karyawan (Y).
Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari responden penelitian melalui kuesioner, wawancara, observasi. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah karyawan PT. Intelix Global Crossing yang berjumlah 70 orang. Pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi desktop. Hasil yang didapat dari penelitan ini menunjukkan bahwa secara simultan Disiplin Kerja dan Pengembangan Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Intelix Global Crossing. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa variabel Disiplin Kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan karena nilai thitung (114,172) > ttabel (1,670) dengan signifikansi 0,000< 0,05. Dan Pengembangan Karir juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai karena nilai thitung (1,927) > ttabel (1,670 ) dengan signifikansi 0,059< 0,005. Variabel disiplin kerja memiliki pengaruh yang dominan yaitu sebesar 1,401 dibanding dengan pengembangan karir yang hanya sebesar 0,141. Analisis koefisien determinasi. Nilai Adjusted R-Square yang diperoleh adalah sebesar 0,779 menunjukkan sekitar 78% variabel Y (kinerja karyawan) dapat dijelaskan oleh variabel disiplin kerja (X1) dan variabel pengembangan karir (X2). Atau secara praktis dapat dikatakan bahwa kontribusi disiplin kerja dan pengembangan karir terhadap variabel kinerja karyawan adalah 78%.


Full Text:

PDF

References


Debora Regina Tabita Kasenda, Rita Taroreh, Lucky Dotulong (2016). Pengaruh Pengembangan Karir dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Sulutugo Cabang Kawangkoan, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Maskarto Lucky Nara Rosmadi (2018). Pengaruh Pelatihan, Disiplin, dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Out Sourching PT. Gardautama, STIE Kridatama, Bandung.

Faustyna, Jamani (2015). Pengaruh Pengembangan Karir dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia (PERSERO) Medan, Universitas Muhamaddiyah Sumatera Utara.

Nia Uli Silitongo, Seno Andri (2017), Pengaruh Pengembangan Karir dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (PERSERO) Area Pekanbaru Rayon Kota Timur, Universitas RIAU.

Enjang Mya Afyati (2018), Pengaruh Pengembangan Karir, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Surakarta, IAIN Salatiga.

Alimah, Anisatul. (2017). "Analisis pengaruh Komunikasi, Lingkungan KerjaDan Disiplin KerjaTerhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada BTN Syariah Cabang Semarang)." Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. IAIN Salatiga.

Leti Marjanuardi dan Sri Langgeng Ratnasari (2019), "Pengaruh disiplin kerja, loyalitas, dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan yayasan raudlatul qur`an batam”




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v5i2.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Reni Febrianti, Gunawan Gunawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats