Analisa Pengukuran Kualitas Layanan Blibli.Com dengan Tokopedia Terhadap Kepuasaan Pelanggan Menggunakan Metode Webqual

Nandang Iriadi, Elly Mufida, Felix Wuryo Handono, Aziz Setyawan Hidayat

Abstract


Teknologi Informasi saat ini banyak membawa perubahan besar terhadap perkembangan bisnis saat ini. Salah satunya adalah bisnis jual beli  atau biasa juga di sebut e-commerce. Sebuah website memegang peranan penting dalam  e-commerce. Website menyediakan informasi mengenai produk atau layanan jasa. Salah satunya adalah website Blibli.com dan Tokopedia yang merupakan situs tempat terjadinya kegiatan jual beli barang dan jasa. Faktor pendukung e-commerce salah satunya adalah sebuah website. Metode WebQual merupakan salah satu teknik pengukuran untuk menentukan kualitas website. WebQual pada dasarnya mengukur mutu sebuah website berdasarkan persepsi dari pengguna atau pengunjung situs. Menggunakan metode webqual 4.0 yang terdiri dari 3 variabel yaitu kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi. Data yang diperoleh adalah dengan menyebar kuesioner berisi 28 pertanyaan kepada 64 responden menggunakan skala Likert. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan Micrososft Excel dan SPSS. Ada 28 atribut yang mempengaruhi penilaian mereka terhadap kualitas layanan website karena semua atribut dinyatakan valid dan realiabel. Disimpulkan bahwa  ditolak sedangkan ,  dan  diterima, dan terdapat hubungan yang postif antara (X1) Kegunaan, (X2) Kualitas Informasi dan (X3) Kualitas Interaksi terhadap tingkat Kepuasan Pelanggan (Y) website baik Blibli.com maupun Tokopedia. Tokopedia memiliki tingkat kualitas layanan sedikit lebih tinggi dibanding dengan Blibli.com dengan hasil perbandingan 117,63 > 116,68.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2015). Web Programming is Easy. PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Andry, F. J., Juliawan, G., Hosea, & Wijaya, J. (2019). Pengukuran Kualitas Website Elevenia Menggunakann Webqual 4.0 Dan Importance Performance Annalysis. In Universitas Bunda Mulia Jl. Lodan Raya (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/download/21984/9119

Gunawan Fahmi, & Hastuti, H. B. P. (2018). Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara. Deepublish.

Kevin, C, Deny, D, Charles, M, & Daniel, F (2020). Detikcom website Analysis with Webqual 4. 0 and Importance-Performance Analysis method. International Journal of …, cyberleninka.ru, https://cyberleninka.ru/article/n/detikcom-website-analysis-with-webqual-4-0-and-importance-performance-analysis-method

Monalisa, S., Sistem, J., Fakultas, I., Dan, S., Uin, T., Riau, S., Soebrantas, J. H., 155, N., & Baru, S. (2016). Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Penerapan Metode Webqual (Studi Kasus : UIN Suska Riau). Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 13(2), 181–189. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin

Nugroho, A. S. (2016). E-Commerce Teori Dan Implementasi. Ekuilibra.

Nur Fauziah, D., Ayu Nur Wulandari, D., Informasi, S., Akuntansi, K., Nusa Mandiri Jakarta, S., & BSI Karawang, A. (2018). Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak.Com Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(2), 174–180. http://www.nusamandiri.ac.id1,http://www.bsi.ac.id2

Oscar, D., & Retnoningsih, E. (2018). Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Berpengaruh Terhadap Keputusan Dalam Pembelian Online dengan Metode Technology Acceptance Model. Ijse.Web.Id IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering, 4(1).

Pramesti, G. (2014). Kupas tuntas data penelitian dengan SPSS 22. Elex Media Komputindo.

Putra, RA, & Raharja, WK (2019). Evaluation of Online Shop Website Quality Using WebQual 4. 0 Method and Its Effect on User Satisfaction. Int. J. Informatics, Technol. Comput …, researchgate.net, https://www.researchgate.net/profile/Wahyu-Raharja/publication/357909265_Evaluation_of_Online_Shop_Website_Quality_Using_WebQual_40_Method_and_Its_Effect_on_User_Satisfaction/links/61e6bfea5779d35951b926eb/Evaluation-of-Online-Shop-Website-Quality-Using-WebQual-40-Method-and-Its-Effect-on-User-Satisfaction.pdf

Revanny, I., & Disastra, G. M. (2018). Tinjauan Mengenai Kualitas Website Prudential Berdasarkan Webqual 4.0 Pada Tahun 2018. www.mediamaya.net

Rohman, F., & Kurniawan, D. (2017). Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional Penanggulangan Bencana Menggunakan Metode Webqual 4.0. 3(1), 31–38. http://www.bsi.ac.idhttp://www.nusamandiri.ac.id

Salamah, I., Lindawati, H. Analisis Kualitas Website E-Commerce UMKM Kain Tenun Songket Kota Palembang (Vol. 7, Issue 2).

Sujarweni, W. (2014). SPSS untuk penelitian (V. Florent, Ed.). Pustaka baru Press.

Syaifullah, & Oksa Soemantri, D. (2016). Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: CV. Zamrud Multimedia Network). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 19–25. www.zamrudtv.com.

Widiyanto, I., & Prasilowati, L. (2015). Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), 109–122. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.109-112




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nandang Iriadi, Elly Mufida, Felix Wuryo Handono, Aziz Setyawan Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats