Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap Menggunakan Metode Analytic Hierachy Process

Ahmad Fauzi, Novita Indriyani, Andika Bayu Hasta Yanto

Abstract


Karyawan adalah motor penggerak berjalannya  proses bisnis dalam sebuah perusahaan. Perusahaan yang memiliki karyawan dengan kualitas dan kompetensi yang baik akan membuat semua proses pekerjaan dapat dikelola dengan mudah. Salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas dan kompetensi  adalah pengangkatan karyawan menjadi karyawan tetap. Pengangkatan karyawan tetap merupakan agenda yang dilaksanakan oleh perusahaan dimana usaha pengembangan karier bagi seorang pegawai kontrak yang telah dijalaninya selama masa perjanjian kontrak. Manfaat dari proses perekrutan dan seleksi adalah untuk mendapatkan orang yang tepat untuk sumber daya manusia yang baru. Perekrutan dan seleksi merupakan proses yang lama, rumit, dan banyak peluang untuk membuat keputusan yang salah. Ini berarti terdapat pula kemungkinan besar bahwa karyawan yang akan diterima tidak mencapai standar yang diinginkan. Ini juga berarti kemungkinan sangat besar untuk tidak memperoleh kandidat terbaik. Terutama jika pengangkatan karyawan merupakan sesuatu yang penting untuk keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan. Sistem pendukung keputusan dapat digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi atas kinerja karyawan yaitu dengan menggunakan salah satu metode dalam sistem pendukung keputusan. Metode yang digunakan yaitu Analythic Hierarchy Process (AHP).


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Analythic Hierarchy Process, Perekrutan Karyawan

Full Text:

PDF

References


Amborowati, A. (2008). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Berdasarkan Kinerja (Studi Kasus Pada STMIK AMIKOM Yogyakarta). E-Jurnal.

Kusrini. (2007). Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung. Yogyakarta: Andi.

Nofriansyah, D. (2004). Konsep Data Mining Vs Sistem. Yogyakarta: Deepublish.

Saaty, T. (1993). Decision Making for Leader: The Analytical Hierarchy Process for Decision in Complex World. Pittsburgh: Prentice Hall Coy Ltd.

Suryadi DEA, K., & Ramdhani, A. (2002). Sistem Pendukung Keputusan. Bandung: RosdaKarya.

Turban, E., E.Aronson, J., & Liang, T.-P. (2005). Decision Support System and Intelligent System (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) Edisi 7. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v6i1.187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Fauzi, Novita Indriyani, Andika Bayu Hasta Yanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats