Sistem Informasi Inventory Obat Pada Apotek Tritunggal Farma Jakarta

Rifky Permana, Nia Kurniasih, Tika Adilah Mutiara

Abstract


Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi melaju dengan cepatnya. Komputer merupakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah suatu pekerjaan, baik di dalam pembuatan hardware maupun software. Apotek Tritunggal Farma membutuhkan adanya suatu sistem informasi yang akurat untuk menunjang kegiatan perusahaan. Untuk itu penulis mencoba membuat penelitian mengenai perancangan sistem persediaan obat pada Apotek Tritunggal Farma yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Sistem yang ada pada Apotek Tritunggal Farma ini masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan order obat, penerimaan obat, pengeluaran obat sampai penyimpanan data-data lainnya yang berhubungan dengan proses persediaan obat sampai dengan pembuatan laporan, pencatatan data, juga kurangnya tingkat keakuratan laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Komputerisasi sistem merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada apotik ini, dengan sistem yang sudah terkomputerisasi dapat tercapai suatu pekerjaan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas persediaan barang pada apotik ini. Maka dari itu dengan sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual dengan tujuan supaya berjalan lebih efektif dan efisien dan sistem penjualan yang sekarang lebih sistematis dan praktis dibandingkan dengan sistem yang terdahulu.


Full Text:

PDF

References


A.S, Rosa dan M. Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur Dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula..

Astuti, Puspita Dwi. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma Arjosari. 2013. ISSN: 2302-1136. Universitas Surakarta: Fakultas Teknologi Informatika. Vol 2, No.1 Maret 2013.

Ladjamuddin, Al-Bahra Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013. pp.70

Madcoms. 2011. Aplikasi Program Terintegrasi dengan Visual Basic 6.0. Yogyakarta: Andi Offset.

Mujiati, Hanik, Bambang Eka Purnama, Sukadi. 2013. Pembangunan Sistem Informasi Persediaan Obat Pada Apotek Arjowinangun. ISSN: 1979-9330. Universitas Surakarta: Fakultas Teknologi Informatika.

Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi KONSEP & APLIKASI .Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusdah. Analisa dan Rancangan Sistem Informasi Persediaan Obat: Studi Kasus Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk. 2011. ISSN: 2085-725X. Universitas Budi Luhur: Fakultas Teknologi Informasi. Vol 3, No.2 September 2011.

Widodo, Prabowo Pudjo dan Herlawati. 2011. Menggunakan UML. Bandung: Informatika




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v6i1.186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rifky Permana, Nia Kurniasih, Tika Adilah Mutiara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats