Analisis Perancangan dan Pembuatan Profile Website pada Enings Production Menggunakan Metode Web Development Life Cycle (WDLC)

Lailatur Rahmi, Sulistiyanto Sulistiyanto, Egga Asoka, Nurul Ilma Hasana Kunio

Abstract


Pemanfaatan teknologi internet telah merambah ke dunia bisnis. Pengembangan website sebagai salah satu sarana bisnis menjadi pilihan di berbagai bidang terutama bidang fashion. Informasi profil usaha yang disampaikan melalui media website dapat tersampaikan dengan cepat dan menjangkau keseluruh dunia.  Bisnis fashion adalah bisnis yang berfokus pada pemenuhan permintaan costumer atas busana yang sedang trend di tengah kalangan masyarakat. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pembuatan profile website pada Enings Production sebagai sarana pemasaran. Enings Production yang merupakan UMKM, yang bergerak pada bidang design dan fashion. Penelitian ini akan menggunakan web development life cycle (WDLC) sebagai metode pengembangan aplikasi web dengan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP), serta menawarkan Hyper Text Markup Language (HTML) dan Cascading Style Sheet (CSS) sebagai dasar tampilan website. Web Development Life Cycle (WDLC) yang terdiri dari 7 siklus pengembangan web yaitu Research, Planning, Designing, Content creation, Development, Testing, dan Maintenace. Hasil penelitian akan diberikan pada Enings Production sebagai profile website usaha. Website ini dapat membantu Enings Production sebagai UMKM yang bergerak di bidang design dan fashion dalam memasarkan setiap produk yang dihasilkannya. Selain itu masyarakat dapat lebih mengetahui dan mendapatkan akses informasi terkait UMKM Enings Production dan produk-produk yang dihasilkannya. Perancangan dan pembuatan website company profile ini diharapkan dapat membantu Enings Production dalam memasarkan produk dan bersaing dengan UMKM lainnya.


Full Text:

PDF

References


Afriyudi. (2008). Pemrograman Web Dinamis dengan kolaborasi PHP & JAVA. Yogyakarta: Penerbit ANDI Offset.

Ardhana, Kusuma, Y. M., (2012). Menyelesaikan Website 30 Juta!. Jasakom: Jakarta

Arief, Rudianto, M., (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan Mysql. Yogyakarta: ANDI.

Budiardjo, H., Sulistiowati, Kevin, M.A., Julianto, A., Nurbiyantoro, S. A., (2022). Pembuatan Website Company Profile Sebagai Media Promosi Pada Bara 82 Resto Surabay, 27(1), 9-17.

Haeruddin, Hendri. (2021). Perancangan Website Company Profile dan Penjualan Minimarket Best One. 3(1), 1127-1131

Hasugian, P. S., (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.

Irawan, B. (2005). Jaringan Komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kamatchi, Jaya, I., Singh, S. (2013). Software Engineering: Web Development Life Cycle. 2(3), 1-4.

Kuryanti, S. J., & Indriani, N. (2018). Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Pariwisata (Studi Kasus: Pantai Jatimalang, Purworejo). Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 2(2), 37–46.

Muhammad, A. M., Prawiradiredja, S., & Fitriyah, I. (2018). Corporate Value: Persona pada Company Profile PT. Kereta Api Indonesia. Jurnal Komunikasi Profesional, 2(1), 29–37.

Nugroho, E. (2009). Desain Situs Reader Friendly. Yogyakarta: Andi Offset.

Patel, Jeel. (2022). https://www.monocubed.com/blog/web-development-life-cycle/. Diakses : 9 November 2022.

Riyanto, S. (2009). Membuat Web Portal Multi Bahasa Jomla. Elex Media Komputindo.

Wibowo, T., Tanijaya, E., (2021). Perancangan Website Company Profile PT. SENTEK Indonesia, 3(1), 1170-1174.

Yudianto, S, & Sulistyo, W (2022). Pengembangan Web Portal Dengan Metode Web Development Life Cycle (WDLC) Pada Dinas Kominfo Kabupaten Bengkayang. IT-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi …, ejournal.uksw.edu, https://ejournal.uksw.edu/itexplore/article/view/6325




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lailatur Rahmi, Sulistiyanto Sulistiyanto, Egga Asoka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats