Evaluasi Usability Aplikasi BSB Mobile Menggunakan System Usability Scale

Anggun Pailina, Eka Puji Agustini

Abstract


Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah paradigma bisnis dengan munculnya layanan online yang memudahkan akses informasi dan transaksi. Sektor finansial juga mengalami dampak signifikan dari perkembangan sistem informasi, terutama dalam hal pemrosesan transaksi. Sistem pemrosesan transaksi (Transaction Processing System) adalah elemen kunci dalam mengelola dan mencatat transaksi sehari-hari dalam bisnis. Bank-bank besar daerah, seperti PT Bank Sumsel Babel, telah mengadopsi berbagai layanan digital untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya. Salah satu aplikasi yang diluncurkan oleh Bank Sumsel Babel adalah BSB Mobile, yang menyediakan berbagai fitur termasuk cek saldo, transfer, dan pembayaran. Meskipun BSB Mobile telah menerima sejumlah ulasan positif, pengguna juga mengemukakan sejumlah keluhan terkait dengan tampilan dan kinerja aplikasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengalaman pengguna dan kepuasan mereka terhadap tampilan dan kinerja sistem BSB Mobile dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Metode ini mengukur variabel seperti kecepatan pembelajaran, efisiensi, kemampuan mengingat, tingkat kesalahan, dan kepuasan pengguna. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi panduan bagi PT Bank Sumsel untuk meningkatkan tampilan dan kinerja BSB Mobile, sehingga pengguna dapat melakukan transaksi dengan lebih nyaman dan efisien. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai rata-rata usability adalah 58.13. Berdasarkan standar penilaian, nilai ini termasuk dalam kategori "C" dengan keterangan "Cukup Layak". Meskipun telah mencapai tingkat usability yang cukup baik, masih ada ruang untuk perbaikan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna.


Full Text:

PDF

References


Adirasyid, R. H., Az-Zahra, H. M., dan Setiawan, N. Y. (2019). Evaluasi usability situs web resmi pemerintah kabupaten Sidoarjo menggunakan metode usability testing dan evaluasi heuristic. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Alfiansyah, M. R., Muliawati, A., & Astriratma, R. (N.D.). Analisis User Interface dan User Experience Dengan Menggunakan Metode User Centered Design Pada Aplikasi Brimo (Bri Mobile).

Andrayani, K. F., dan Solekah, N. A. (2021). Determinasi kepuasan nasabah elektronic mobile banking bank syariah indonesia (pendekatan e service quality). Widyagama national conference on economics and business (WNCEB) (Vol. 2, hal. 404–413).

Azwar, S. (2019). Reliabilitas Dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bangor, A., Kortum, P., dan Miller, J. (2009). Determining what individual SUS scores mean: Adding an adjective rating scale. Journal of usability studies, 4(3), 114–123.

Basuki, A. T. (2014). Penggunaan SPSS dalam statistik. Yogyakarta: Danisa Media.

Beny, B., Yani, H., dan Ningrum, G. M. (2019). Evaluasi usability situs web ke- menkumham kantor wilayah jambi dengan metode usability test dan system usability scale. RESEARCH: Journal of Computer, Information System & Technology Management, 2(1), 30–34.

Brooke, J. (2013). SUS: a retrospective. Journal of usability studies, 8(2), 29–40.

Budiman, O., dan Widodo, T. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi niat perilaku nasabah dan pengaruhnya terhadap adopsi mobile banking di indonesia. eProceedings of Management, 7(1).

Elma, Z. (2019). Implementasi metode usability testing dengan system usability scale dalam evaluasi website layanan penyedia subtitle (studi kasus: Sub- scene). Ultima InfoSys: Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 10(2), 104–110.

Handayani (2020), Populasi Dan Sampel Penelitian (Pengertian, Proses, Teknik Pembalian Keputusan Https://Www.Kajianpustaka.Com/2020/11/Populasi-Dan-Sampel-Penelitia N.Html Hendra Ardianto (2018), Buku Metode Penelitian Sugiyono Https://Id.Scribd.Com/Document/391327717/Buku-MetodePenelitian-Sugiyono

Hilda Rachmi, & Siti Nurwahyuni. (2018). Pengujian Usability Lokamedia Website Menggunakan System Usability Scale. Al-Khidmah, 1(1), 86–92.

Ningsih, M., & Muzakir, A. (N.D.). Mengevaluasi User Interface Untuk Meningkatakan User Experience (UX) Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS).

Pratama, A. (2017). Analisis Tingkat Kematangan (Maturity Level) Teknologi Informasi Pada Pustaka Menggunakan Cobit 4.1. TECHSI : Jurnal Penelitian Teknik Informatika, 9(1), 1–13.

Pudjoatmodjo, B., & Wijaya, R. (2016). Tes Kegunaan (Usability Testing) Pada Aplikasi Kepegawaian Dengan Menggunakan System Usability Scale. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016, 37

Putri, A., & Indriyanti, A. D. (2022). Evaluasi Usability Aplikasi BTN Mobile Dengan Metode User Experience Questionnaire Dan Heuristic Evaluation.

Setiawan, D., & Rafianto, N. (2015). Pengukuran Usability Pada Learning Management System Perguruan Tinggi Menggunakan Pedoman System Usability Scale. Teknologi, 10(1), 23–31.

Sukarsa, I. M., Buana, I. P. W., Arya Utama, I. P. J., & Wisswani, N. W. (2022). Evaluasi Usability Dan Perbaikan Antarmuka Untuk Meningkatkan User 13 Experience Menggunakan Metode Usability Testing (Studi Kasus: Aplikasi Warga Bali). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(5), 1003.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anggun Pailina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats