Analisis Layanan Digital SP4N LAPOR E-Government pada Pemerintahan Kota Pagaralam Menggunakan Model Delone And Mclean

Muhammad Marzuki, M. Izman Herdiansyah, Edi Surya Negara, Tata Sutabri

Abstract


Kota Pagaralam merupakan salah satu kota yang memanfaatkan penggunaan aplikasi dalam pelayanan publik di bidang e-government yaitu Aplikasi SP4N LAPOR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas tingkat kepuasan layanan penggunaan Aplikasi SP4N LAPOR sebagai layanan pengaduan bagi masyarakat dalam mewujudkan peningkatan pelayanan publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pagaralam. Metode Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena yang terkait dengan lingkup penelitian. Teknik dalam pengumpulan data yaitu melalui wawancara, dokumentasi, dan juga observasi, kemudian data dianalisis dengan menggunakan model Delone and Mclean. Metode Delone and McLean adalah metode yang mempunyai 6 variabel evaluasi yaitu: information quality, system quality, service quality, use, user satisfaction dan net benefit. Metode Delone and McLean akan digunakan sebagai model mengukur kesuksesan E- government dengan menganalisis kepuasan layanan digital Aplikasi SP4N yang ada di Kota Pagaralam. Dengan model ini diharapkan dapat diketahui komponen-komponen yang mendukung atau menghambat dalam penggunaan E-government, sehingga ke depan dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan Pemerintah Kota Pagaralam dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pagaralam sebagai penyelenggara dan pengelola aplikasi SP4N LAPOR masih mengalami beberapa kendala yang perlu diperbaiki agar manfaat dari penggunaan aplikasi tersebut lebih maksimal. Melalui analisis yang dilakukan, peneliti menyarankan beberapa hal diantaranya yaitu adanya sosialisasi yang berkelanjutan mengenai aplikasi SP4N LAPOR, meningkatkan motivasi kerja pegawai, membuat bimbingan teknologi kepada admin pengelola SP4N LAPOR, dan meningkatkan infrastruktur jaringan internet.


Full Text:

PDF

References


Akrong, GB, Yunfei, S, & Owusu, E (2022). Development and validation of an improved DeLone-McLean IS success model-application to the evaluation of a tax administration ERP. International Journal of Accounting …, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1467089522000318

Amala, S. (2018). Reformasi Birokrasi 4.0 : Strategi Menghadapi Revolusi Industri 4.0, J. Wacana Kinerja Kaji. Prakt. Kinerja dan Adm. Pelayanan Publik, vol. 21, no. 2, pp. 1–18.

Darius, S. A., Asep dan Fitria, (2019). Developing Concept E-Government Shared Capability Case Studies in Pagaralam.

Delone, W. H., McLean, E. R. (2003). The Delone and McLean Model of Information Systems Success : A Ten-Year Update. J. Manag. Inf. Syst. Vol. 19(4): 9–30.

Endah, K., (2018). Etika Pemerintahan Dalam Pelayanan Publik, Moderat J. Ilmu Pemerintah., vol. 4, no. 1, pp.141–151, [Online]. Available: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ moderat/article/view/1088.

Hasibuan, Z. A., (2017). Standardisasi Aplikasi E-Government untuk Instansi Pemerintah.

Irawan, E. P., (2017). Website Utilization in Cyber PR Activities to Promote e- Government Service in South Tangerang Administration, J. IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komunikasi), vol. 19, no. 2, pp. 163–177.

Jogiyanto, H. M., (2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi, Penerbit: CV. Andi Offset (penerbit andi), Bulaksumur.

Maftuhah, DN, Ellyanti, L, Sensuse, DI, & ... (2023). Knowledge Management System Evaluation Using DeLone McLean Model: A Case Study of IT Service Desk Bank XYZ. Jurnal Nasional …, ejournal.undiksha.ac.id, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/download/59609/26983/187528

Megawati, (2017). Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Menggunakan Model Delone and Mclean, (Studi kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru), Jurnal ilmiah rekayasa dan manajemen sisteim informasi, Vol.3, no. 2.

Nugraha, J. T., (2018). E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman),” J. Komun. Dan Kaj. Media, vol. 2, no. 1, pp. 32–42.

Nugroho, T. (2016). Analisis E-government Terhadap Pelayanan Publik Di Kementerian Hukum Dan Ham (Analysis of E-government to Public Services in the Ministry of Law and Human Rights), J. Ilm. Kebijak. Huk., vol. 10, no. 3, pp. 279–296.

Push, R., Shareful, I., (2018). E-Goverment Maturity Model for Sustainable E-Goverment Service from the perspective of developing countries.

Rachman, R (2021). Analisa Kesuksesan E-Government Lapor dengan Model Delone-Mclean dan Metode PLS-SEM. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, sistemasi.ftik.unisi.ac.id, http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id/index.php/stmsi/article/view/1236

Saputro, P. H., (2015). Model Delone and Mclean untuk Mengukur Kesuksesan E-government Kota Pekalongan, vol. 2, mp. 1.

Sujarweni, Wiratna. (2015). SPSS untuk Penelitian. Pustaka Baru Press, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MUHAMMAD MARZUKI S.Kom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats