Pengembangan Website Interaktif untuk Meningkatkan Pengalaman Virtual di Metaverse Betang Tumbang Gagu

Minarni Minarni, Elika Thea Kirana, Juanda Prastiya Risma

Abstract


Rumah Adat Betang Tumbang Gagu adalah bagian berharga dari budaya Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah. Rumah Adat ini telah kehilangan daya tarik dan pemahaman dalam masyarakat modern. Namun, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membuka peluang baru untuk memperkaya pemahaman dan melestarikan warisan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform Metaverse, situs web interaktif serta asisten virtual guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Rumah Adat Tumbang Gagu. Platform Metaverse mereplikasi lingkungan Rumah Adat Tumbang Gagu secara virtual, memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi lingkungan dan berpartisipasi dalam aktivitas tradisional. Situs web interaktif memberikan informasi mendalam tentang sejarah, filosofis dan budaya Rumah Adat Tumbang Gagu dengan foto dan video interaktif. Sebuah asisten virtual AI bernama Bawi Tumbang Gagu menjawab pertanyaan pengunjung sedangkan kacamata VR digunakan untuk memberikan pengalaman yang mendalam dalam Metaverse. Pengembangan Metaverse dan website melibatkan penggunaan perangkat lunak seperti SketchUp, Photoshop, Figma dan Canva. Hasil penelitian ini  adalah pemanfaatan platform Metaverse dan website  interaktif yang merupakan penggabungan teknologi modern dan budaya tradisional untuk melestarikan warisan budaya. Penggunaan kacamata VR Pico 4 dan asisten virtual Bawi Tumbang Gagu telah meningkatkan pengalaman pengunjung dalam menjelajahi warisan budaya ini. Platform ini telah menjadi alat efektif dalam mempromosikan, melestarikan, dan memahami lebih dalam tentang Rumah Adat Tumbang Gagu.

.


Full Text:

PDF

References


Akbar Endarto, I. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif. Jurnal Barik, 4(1), 37–51. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Amalina, S., Wahid, F., Satriadi, V., Farhani, F. S., & Setiani, N. (2017). Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi).

Anderson, J, & Rainie, L (2022). The metaverse in 2040. Pew Research Centre, pewresearch.org, https://www.pewresearch.org/internet/wp-content/uploads/sites/9/ 2022/06/PI_2022.06.30_Metaverse-Predictions_FINAL.pdf

Apandie, C., & Ar, D. (2019). Huma Betang: Identitas Moral Kultural Suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah (Vol. 3, Issue 2).

Dwivedi, YK, Hughes, L, Baabdullah, AM, & ... (2022). Metaverse beyond the hype: Multidisciplinary perspectives on emerging challenges, opportunities, and agenda for research, practice and policy. International Journal of …, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0268401222000767

Junita Arneld. (2021). Betang Tumbang Gagu.

Lee, LH, Braud, T, Zhou, P, Wang, L, Xu, D, Lin, Z, & ... (2021). All one needs to know about metaverse: A complete survey on technological singularity, virtual ecosystem, and research agenda. arXiv preprint arXiv …, arxiv.org, https://arxiv.org/abs/2110.05352

Minarni, Prasetyaningrum, E., & Hermawan, C. (2020). Pengembangan Wisata Alam, Sejarah dan Budaya Kalimantan Tengah Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality.

Mystakidis, S. (2022). Metaverse. Encyclopedia, 2(1), 486–497. https://doi.org/10.3390/encyclopedia2010031

Ning, H, Wang, H, Lin, Y, Wang, W, & ... (2023). A Survey on the Metaverse: The State-of-the-Art, Technologies, Applications, and Challenges. IEEE Internet of …, ieeexplore.ieee.org, https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/10130406/

Purnawan, I. K. Y., Divayana, D. G. H., & Sindu, I. G. P. (2019). Pengembangan Virtual Reality untuk Promosi Wisata Religi Pura Ponjok Batu. International Journal of Natural Sciences and Engineering, 3(1), 12–21. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJNSE

Soedewi, S., Mustikawan, A., & Swasty, W. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website UMKM Kirihuci. Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10(2).

Sparkes, M (2021). What is a metaverse., Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0262407921014500

Website Sistem Informasi Manajemen Pariwisata Kalimantan Tengah. (2019). Rumah Betang Tumbang Gagu. https://pariwisata.kalteng.go.id/wisata/188

Yulianie, F. (2018). Komodifikasi Rumah Betang Tumbang Gagu sebagai Daya Tarik Pariwisata di Kabupaten Kota Waringin Timur, Kalimantan Tengah. Pariwisata Budaya, 3(1), 28–36.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Minarni Minarni, Elika Thea Kirana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats