Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Bagian Protokol Sekretariat Daerah Kantor Walikota Palembang

Sela Yulia Sari, Winoto Chandra

Abstract


Surat merupakan alat komunikasi yang penting dalam sebuah organisasi atau instansi. Setiap surat masuk yang diterima dan surat keluar yang dikirim tidak hanya sekedar sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai bukti ontentik. Oleh karena itu pengelolaan surat harus dilakukan secara tepat sehingga selalu dapat diikuti alur prosesnya, perkembangannya serta keberadaannya. Sistem penyimpanan surat masuk dan surat keluar pada Bagian Protokol Sekretariat Daerah Kantor Walikota Palembang masih dikelola dalam format hardcopy (kertas fisik). Pada masa sekarang ini, sistem manual dinilai sudah tidak efektif lagi karena adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat. Sistem informasi pengelolaan surat masuk dan surat keluar, sudah perlu  menggunakan sistem berbasis online atau berbasis website. Untuk itu diperlukan sistem informasi pengelolaan surat masuk dan surat keluar yang dinilai lebih mudah dalam pemrosesan surat menyurat. Sistem informasi ini  tersebut mengurangi kendala-kendala yang dihadapi serta mempermudah pengelolaan surat masuk dan surat keluar. Terdapat tujuh fitur pada Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar yaitu Manajemen Surat Masuk, Manajemen Disposisi Surat, Manajemen Surat Keluar, Manajemen Kode Surat, Manajemen Agenda Acara, Manajemen Data Pegawai dan Manajemen Hak Akses. Berdasarkan hasil wawancara dengan pengguna dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar dapat menyampaikan informasi secara detail, singkat dan jelas, mudah dimengerti/dipahami dengan tampilan yang menarik. Adapun Manfaat yang didapat adalah memberi kemudahan bagi staff pegawai serta pengguna pada Bagian Protokol Sekretariat Daerah Kantor Walikota Palembang dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar.


Full Text:

PDF

References


Abdul K., (2008), Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, Andi

Offset, Yogyakarta.

Andre. (2014). Pengertian dan Fungsi PHP dalam Pemrograman Web, Duniailkom. Retrieved May 14, 2018, https://www.duniailkom.com/pengertian-dan-fungsi-php-dalam- pemograman-web/

Budi, R., (2014), Modul Pemrograman Web,HTML,PHP, & MySQL, Modula,

Bandung.

Christianti, M., (2008), Sistem Pengarsipan Dan Akses, Informatika, Bandung

Fatta, H. A., (2007), Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Firdinandus, S. (2012), Perancangan Aplikasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo, UNSRAT,

Herman, (2011), Sistem Informasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar di Kantor Notaris dan PPAT Septy Kuarta Ichtiani, SH , Universitas Komputer, Bandung.

Jogiyanto, H. M., (2002), Analisis dan Disain Sistem Informatika ; Pendekatan Terstuktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi, Yogyakarta.

Ladjamudin, A. B., (2005), Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu, Jakarta.

Ladjamudin, A. B., (2013), Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu,

Yogyakarta.

Nugroho, A., (2004), Konsep Pengembangan Sistem Basis Data, Informatika, Bandung.

Nur T., (2011), Modul Diklat Manajemen Kearsipan, Badan Pendidikan dan Pelatihan , Kalimantan Barat.

Permendagri. (2012). Permendagri 78 2012 Tata Kearsipan di Lingkungan-Kemendagri dan Pemerintah-Daerah. Menteri Dalam Negeri.

Pratama, A. E. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung.

Pressman, R. S., (2012). Software Engineering.

Rizkyanto, H., (2012), Pembuatan Perangkat Lunak Untuk Workflow Pengelolaan Surat Dinas Bagian Surat Keluar di Pemerintah Kabupaten Buton Utara, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Rossa, A. S., Shalahuddin, M., (2013), Rekayasa Perangkat Lunak, Informatika,

Bandung.

Sundari, D. M., (2003), Rancangan Program Untuk Sistem Pengarsipan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Direktorat Perhubungan Darat,

Tohari, Hamim (2014), Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui

Pendekatan UML, Andi, Yogyakarta.

Yuhevizar (2013), Cara Mudah dan Murah Membangun dan Mengelola Website,

Graha Ilmu, Yogyakarta.

Zulkifli Amsyah, MLS, (2003), Manajemen Sistem Informasi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sela Yulia Sari Sela Yulia Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats