Analisis Clean E-Governance Administrasi Melalui Simba pada Baznas Kabupaten Muara Enim Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction

Zulkarnain Zulkarnain, Tata Sutabri

Abstract


E-Governance atau tata kelola pemerintahan elektronik telah menjadi salah satu alat penting dalam upaya meningkatkan efisiensi dan transparansi administrasi publik. Salah satu implementasi e-Governance yang signifikan adalah Sistem Manajemen Baznas (SiMBA) di Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna akhir terhadap SiMBA sebagai alat administrasi pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Muara Enim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode End User Computing Satisfaction (EUCS), yang fokus pada pemahaman dan evaluasi tingkat kepuasan pengguna akhir terhadap sistem komputer atau perangkat lunak yang mereka gunakan dalam pekerjaan sehari-hari mereka. Penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada pengguna SiMBA di Baznas Kabupaten Muara Enim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna SiMBA di Baznas Kabupaten Muara Enim merasa puas dengan kinerja sistem ini dalam mendukung administrasi zakat dan amil. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan tingkat kepuasan pengguna, seperti peningkatan ketersediaan pelatihan bagi pengguna baru, perbaikan dalam responsifitas teknis, dan peningkatan antarmuka pengguna untuk memudahkan navigasi dan penggunaan sistem. Temuan ini dapat menjadi panduan bagi pihak terkait, termasuk Baznas Kabupaten Muara Enim, untuk terus mengembangkan dan meningkatkan SiMBA sebagai alat administrasi e-Governance yang lebih efisien dan memenuhi kebutuhan pengguna akhir. Dengan demikian, upaya pemerintah dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih dan transparan dapat tercapai dengan lebih baik melalui implementasi teknologi informasi yang memadai.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Belliini, Y., & Sutabri, T. (2023). Sistem Pakar Mendeteksi Tindak Pidana Cyber Crime untuk Penanganan Komputer Forensik Menggunakan Backward Chaiining. Jurnal Digital Teknologi Informasi , 06, 42-46.

Bimo, W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Latief, N. F. (2019). Implementasi Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SiMBA) Pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sulawesi Utara. Manado: IAIN Manado.

Lenawati, M., & Winarno, W. W. (2016). Tata Kelola Keamanan Informasi Pada PDAM Menggunakan ISO/IEC 27001. Yogyakarta: Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi.

Mokoginta, S. (2020). Efektivitas Pengelolaan Zakat, Infaq, Dan Sedekah Melalui Penerapan Aplikasi Informasi Manajemen Baznas (Simba) Pada Baznas Kota Kotamobagu. Manado: IAIN Manado.

Napitupulu, D. (2015). Kajian Sukses Implementasi E-Goverrment. Studi Kasus Pemerintahan Kota Bogor , 5.

Napitupulu, D., Adiyarta, K., Sutabri, T., & Kamarudin, K. (2018). Analysis of citizen readiness in Indonesia toward e-gov 2.0. Journal of Theoretical and Applied Information Technology , 96, 6645-6653.

Ngurah, I. G., & Suwastika, I. W. (2017). Analisis kepuasan pengguna e-Learining menggunakan metode End-User Computing Statisfaction. Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2017 , 558-562.

Nugraha, J. (2018). E-Goverment Dan Pelayanan Publik. Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Goverment Di Pemerintahan Kabupaten Sleman, 2, 32-42.

Nurlela, Lela. (2017). Metodolgi Penelitian Terapan Aplikasi SPSS, EVIEWS, Smart PLS, dan AMOS. Mujahid Press. Bandung;

Sartika, D., Eliza, N., & Ilyas, A. (2021). Penerapan PSAK 109 tentang Akuntansi Zakat Infak/Sedekah pada Badan Amil Aplikasi SIMBA di BAZNAS Kota. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23, 2.

Siau, K., & Long, Y. (2009). Factors impacting E-Goverment development. Journal of Computer Information Sysitem , Fall.

Suedi, F., & Wardianto, B. (2010). Revitalisasi Administrasi Negara (Reformasi Birokrasi Dan E-Governance). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”.Bandung : ALFABETA.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sutabri, Tata; Napitupulu, Darmawan;. (2019). Sisten informasi Bisinis. Yogyakarta :Andi Offset.

Widoyoko, E. P. (2014). Tekinik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zulkarnain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats