Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Laptop Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

Deny Novianti, Andika Bayu Hasta Yanto

Abstract


Saat ini laptop bukanlah lagi dianggap sebagai barang yang mewah, tetapi sudah seperti menjadi sebuah kebutuhan. Karena hampir disetiap aktifitas perkantoran, perkuliahan, bahkan di sekolah pun kini sudah menggunakan laptop sebagai alat untuk mengerjakan pekerjaan ataupun tugas. Sebagai pengguna pastinya akan sangat bingung dan kesulitan dalam memilih laptop mana yang harus dibeli sesuai dengan kebutuhan untuk jurusan multimedia. Untuk itu dapat digunakan sebuah metode pengambilan keputusan yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan tersebut. Dan metode yang dipilih untuk menyelesaikan permasalahan dengan pilihan beberapa kriteria adalah Simple Additive Weighting (SAW), salah satu metode yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah Fuzzy MADM. Dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan yang melibatkan beberapa alternatif, dapat dihasilkan manakah laptop terbaik yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan peringkat yang dihasilkan menunjukkan bahwa alternatif yang paling unggul. Dengan demikian Metode Simple Additive Weighting (SAW) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk membantu dalam menentukan sebuah keputusan dengan melibatkan beberapa pilihan alternatif yang juga sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh pembuat. Dan pemberian nilai preferensi (bobot) pada data tiap kriteria sangat berpengaruh pada tingkat perangkingan untuk setiap alternatif.

Keywords


Laptop, SAW, Fuzzy MADM

Full Text:

PDF

References


Hartini, D., Ruskan, E., & Ibrahim, A. (2013). Jurnal Sistem Informasi (JSI). Jurnal Sistem , 546-565.

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET .

Nasution, I. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemilihan Laptop Dengan Menerapkan Fuzzy Tahani. Pelita Informarika Budi Darma .

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABET.

Supriyanti, W. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa dengan Metode SAW. Citec Journal, 1(1).

Wahana. (2011). Jago Merakit Komputer Tanpa Kursus. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Wahana. (2014). Pengenalan, Permasalahan, dan Penanganan Hardware Komputer. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Wedhasmara, A. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pembelian Kendaraan Bermotor Dengan Metode SAW. Jurnal Sistem Informasi (JSI).




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v5i2.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Deny Novianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats