Penerapan Static VLAN Dan Access List Untuk Meningkatkan Keamanan Jaringan

Ahmad Fitriansyah, Alarik Andreansyah, Abu Sopian

Abstract


Di jaringan, satu komputer dapat berbagi dan bertukar data dengan komputer lain dalam bentuk gambar, teks, atau suara dengan melewati media yang menghubungkan komputer. Jaringan Komputer yang memiliki banyak kelebihan yang dapat memudahkan pekerjaan juga memiliki kelemahan bagi organisasi. Salah satu ancaman yang mungkin terjadi adalah pencurian data. Salah satu cara untuk melindungi terhadap transfer data dalam jaringan komputer adalah dengan menggunakan VLAN Statis dan Daftar Akses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi saat ini dan menerapkan konsep VLAN Statis dan Daftar Akses sehingga perusahaan dapat memberikan hak akses data dari setiap pengguna komputer di setiap divisi, sehingga meminimalkan penggunaan perlindungan data oleh pihak yang tidak berwenang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simulasi yang menggunakan perangkat lunak Cisco Packet Tracer dan perangkat router Sangfor firewall. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan direktur perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi jaringan menggunakan VLAN statis dan keamanan data menggunakan Daftar Akses dapat diimplementasikan dengan baik di perusahaan dan membuat jaringan yang dibuat dapat membuat perusahaan melakukan pekerjaan lebih mudah dan data transaksi untuk setiap divisi dapat dilakukan dengan aman.


Keywords


Static VLAN, Access List, Computer Network

Full Text:

PDF

References


A. S. Tanenbaum, Computer Networks. New Jersey: Pearson Education, 2003.

B. A. Forouzan, Data Communications and Networking, 4th ed. New York: McGraw-Hill Higher Education, 2007.

B. Sandberg, The Complete Reference : Networking, 3rd ed. New York: McGraw-Hill Education, 2015.

I. W. B. B. Yoga and M. A. Raharja, “Implementasi VLAN (Virtual Local Area Network) pada Rumah Sakit Mata Ramata,” J. Elektron. Ilmu Komput. Udayana, vol. 2, no. 7, pp. 177–186, 2019.

A. D. Purwanto and M. Badrul, “Implementasi Access List Sebagai Filter Traffic Jaringan (Studi Kasus PT. Usaha Entertainment Indonesia),” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 2, no. 1, pp. 78–88, 2016.

P. Simanjuntak, C. E. Suharyanto, and Jamilah, “Analisis Penggunaan Access Control List (ACL) dalam Jaringan Komputer di Kawasan Batamindo Industrial Park Batam,” J. Inf. Syst. Dev., vol. 2, no. 2, 2017.

M. S. S. A. Easa, CCNA in 21 Hours:’640-802’ Syllabus, 1st ed. London: bookboon.com, 2013.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v5i2.176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Fitriansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats