Analisa Proses Pengerjaan Ticket Error Fallout Data pada Aplikasi Starclik

Ahmad Mu'az, Kiky Rizky Nova Wardani

Abstract


Fallout data atau bisa juga disebut dengan fallout (Unified Inventory Management) (UIM) berhubungan dengan data service pelanggan. Fallout merupakan suatu gangguan atau error yang diakibatkan karena ketidaksesuaian data yang ada di sistem (On desk) dengan data yang ada di lapangan (On site). Salah satu aplikasi IT yang digunakan oleh PT Telkom untuk mendukung aktifitas penanganan error fallout data adalah aplikasi Starclick. Apabila masalah fallout tidak diselesaikan, maka pelanggan tidak bisa menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pengerjaan fallout pada bulan Agustus 2023 serta ramalan jumlah fallout yang akan terjadi pada bulan Agustus 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisa ini menggunakan analisa peramalan dengan menggunakan aplikasi POM For Windows versi 3 melalui tiga teknik yaitu teknik naive method, teknik moving averages, dan teknik exponential smoothing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fallout yang paling sering terjadi setiap harinya adalah fallout dengan kode 1007 dan 1054 rata-rata order perhari masing-masing 134 order dan total 2692 untuk bulan Agustus. Peramalan Fallout 1007 dan 1054 yang akan terjadi pada bulan Agustus 2023 sebanyak 2692 order dengan rincian sebanyak 1399 order untuk fallout 1007 dan sebanyak 1293 order untuk fallout 1054 dengan rata-rata perhari sebanyak 134 order. 


Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2019). Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2). Jakarta: Indonesia Survei Center (ISC).

Balderas-Canas, Patricia Esperanza; Gabriel De Las Nieves Sanchez-Guerrero. (2021). Problem Solving In Operation Management. Edisi Pertama. Berlin : Spinger.

Faisol, Aisah Siti. (2016). Penerapan Metode Exponential Smoothing Untuk Peramalan Jumlah Klaim Di BPJS Kesehatan Pamekasan. Jurnal Matematika “Mantik”. Vol. 02. (1). 46-51

Febriansyah, (2021). Penggunaan Internet Sebagai Sumber Informasi Bagi Masyarakat Kepada Yayasan Baitul Yatim H. Caong. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2 (3), 563-566.

Heizer, J., Render, B., Munson, C., (2017). Operations Management: Sustainability and Supply Chain Management. Edisi Kedua Belas. London: Perason.

Humairoh, (2020). Forecasting Uses Double Exponential Smoothing Method and Forecasting Verification Uses Tracking Signal Control Chart (Case Study: IHK Data Of East Kalimantan Province). Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. Vol 14(1). 013-022. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss1pp013-022

Inventory Team. Telkom Sigma. (2015). Standard Operation Procedure (SOP) Fallout. Versi 1.1. Jakarta : Telkom Sigma.

Marizal, M. (2022). Penerapan Metode Exponential Smoothing Dalam Memprediksi Jumlah Peserta Didik Baru Di Sma Favorit Kota Payakumbuh. Jurnal Unej. Vol 22. (1). 43-45

Prianto. (2021). Analisis Peramalan Fallout Produk Indihome Yang Terjadi Pada PT Telkom Akses Solo. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Safitri, (2016). Analisis Kualitas Jaringan Akses Indihome Untuk Teknologi Gpon Dan Msan Di STO Darussalam. KITEKTRO: Jurnal Online Teknik Elektro. 1 (3). 27-34.

Setyowati, (2022). Perbandingan Metode Exponential Smoothing Dan Moving Average Dalam Peramalan Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor Di Dinas Perhubungan Kota Blitar. Jurnal Sains Dasar. Vol. 11 (1). 35-38

Stevenson, William J. (2018). Operations Management. Edisi ke-13. New York: McGraw-Hill Education.

Sulistyo, B. (2014). Analisis Penggunaan Aplikasi Starclick Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technology. Thesis. Universitas Telkom. Bandung

Utari, H. (2016). Perancangan Aplikasi Peramalan Permintaan Kebutuhan Tenaga Kerja Pada Perusahaan Outsourcing Menggunakan Algoritma Simple Moving Average. Jurnal TIMES. Vol. V, No 2 : 1-5

Yuniarti, 2020. Analisa Metode Single Exponential Smoothing Sebagai Peramalan Penjualan Terhadap Penyalur Makanan (Studi Kasus : Lokatara Dimsum). Jurnal Manajemen & Bisnis. Vol. 15 (2). 29-34




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Mu'az .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats