Rancang Bangun Aplikasi Pembuatan Laporan Keuangan untuk Membantu Wajib Pajak dalam Pelaporan SPT Tahunan Badan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Prabumulih

Bhakti Ragil Varino, Muchlis Muchlis, Hepnyi Samosir

Abstract


Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara. Sebagai warga negara yang baik, setiap badan usaha wajib melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Badan sebagai kewajiban perpajakan. Namun banyak wajib pajak yang kesulitan dalam melaksanakan kewajiban ini karena kurangnya pengetahuan tentang bagaimana cara membuat laporan keuangan yang benar dan sesuai dengan ketentuan perpajakan. Proses pelaporan pajak yang masih menggunakan cara manual di kantor Pelayanan Pajak Pratama kota Prabumulih membuat wajib pajak harus menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mengisi laporan keuangannya secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pembuatan laporan keuangan yang dapat membantu wajib pajak dalam pelaporan SPT Tahunan Badan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Prabumulih. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah proses pembuatan laporan keuangan bagi wajib pajak dengan menyediakan fitur-fitur seperti input data transaksi keuangan, perhitungan pajak, dan pembuatan laporan keuangan secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga menjamin keamanan data dengan menggunakan protokol keamanan dan enkripsi data. Penelitian ini menggunakan metode waterfall untuk merancang dan membangun aplikasi ini, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, perancangan, pengkodean, pengujian, dan implementasi. Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang dapat membantu wajib pajak dalam pelaporan SPT Tahunan Badan secara efektif dan efisien. Aplikasi ini dapat membantu mengurangi kesulitan dan ketidaknyamanan dalam proses pelaporan keuangan dan meningkatkan kualitas pelaporan SPT Tahunan Badan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Prabumulih.


Full Text:

PDF

References


Abdulloh, R. (2015). Web Programming Is Easy. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Christian, A., Hesinto S., Agustina. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootsrap (Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih). Jurnal SISFOKOM, Vol. 07 No.01.

Eko, J. A. (2016). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Stock Parfum Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic. Net Dan Database Access Pada Toko Gofha Perfume. Jurnal Sains dan Teknologi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri, 16(2), 158-162.

Fajriyah, J. A., Fisika T. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Tender Karet Desa Jungai Menggunakan Metodde Waterfall. Jurnal Ilmiah Elektronika dan Komputer, Vol. 14 No 1.

Habibi, R., Karnovi, R. (2020). Tutorial Membuat Aplikasi Sistem Monitoring Terhadap Job Desk Operational Human Capital (OHC). Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Jogiyanto, H. (2015). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Murdiani, D., Sobirin, M. (2022). Perbandingan Metodologi Waterfall dan RAD (Rapid Application Development) Dalam Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Teknik Informatika (JUTEKIN). Vol 10 No. 2. ISSN: 2338-1477.

Pohan, Chairil A., (2017). Pembahasan Komperehensif Pengantar Perpajakan Teori dan Konsep Hukum Pajak. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rahayu, Woro I., dkk. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Penentuan dan Share Promo Produk Kepada Pelanggan Dari Website Ke Media Sosial Berbasis Destkop. Bandung: Kreatif Industria Nusantara.

Rahayu, Siti K. (2017). Perpajakan Konsep dan Aspek Formal. Bandung: Rekayasa Sains.

Setiawan, J., Anggito A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Setyawan, M., Yusril, H., Munari, A., Suprapto. (2020). Panduan Lengkap Membangun Sistem Monitoring Kinerja Mahasiswa Internship Berbasis Web dan Global Positioning System. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Sujarweni, V., Wiratna. (2017). Analisis Laporan Keuangan: Teori, Aplikasi, dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamto, Ariani R., Shalahuddin M. (2015). Kolaborasi Rekayasa Perangkat Lunak Terstrusktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sukamto, Rosa, Salahuddin, M., (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Jakarta: Elex Media Komputindo.

TMBook. (2017). Sistem Informasi Akuntansi: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Wahyudiono, B., (2014). Mudah Membaca Laporan Keuangan. Jakarta: Raih Asa Sukses.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bhakti Ragil Varino

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats