Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile Bangking Livin Bank Mandiri pada Mahasiswa ITB Swadharma Menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS)
Abstract
Mobile banking merupakan salah satu layanan bank yang banyak diminati oleh para nasabah karena membuat nasabah mampu melakukan transaksi perbankan serta melihat informasi tentang rekeningnya dengan menggunakan telepon genggam. Salah satu penyedia layanan mobile banking adalah Bank Mandiri melalui aplikasi Livin. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna mahasiswa terhadap aplikasi Livin Mandiri yang diukur menggunakan metode End User Computing Satisfication (EUCS). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner Google Forms. Penelitian ini menggunakan metode accidental sampling yang termasuk dalam kategori non-probability sampling. Sebanyak 100 mahasiswa telah menggunakan aplikasi Livin memenuhi kriteria inklusi sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pengguna mahasiswa ITB Swadharma terhadap aplikasi Livin berada di nilai rata-rata 4.20 yang berada di tingkat 4 (Puas) artinya menurut persepsi responden secara umum menganggap aplikasi Livin sudah baik bagi pengguna. Untuk variabel content memiliki nilai rata-rata 4.24 yang berada di tingkat 4 (Puas), variabel accuracy memiliki nilai rata-rata 4.22 yang berada di tingkat 4 (Puas), variabel format memiliki nilai rata-rata 4.22 yang berada di tingkat 4 (Puas), variabel ease of use memiliki nilai rata-rata 4.24 yang berada di tingkat 4 (Puas) dan terakhir variabel timeliness memiliki nilai rata-rata 4.12 yang berada di tingkat 4 (Puas). Faktor dominan dalam menciptakan kepuasan pengguna mahasiswa ITB Swadharma berdasarkan metode EUCS adalah pada variabel yang memiliki nilai rata-rata (mean) yang paling tinggi, yaitu variabel Content dan ease of use, sedangkan variabel yang memiliki nilai rata-rata paling rendah yaitu pada variabel timeliness.
Full Text:
PDFReferences
Aditya, M. D., Saidani, B., & Febrilia, I. (2021). Pengaruh Service Quality dan Trust Terhadap Customer Loyality dengan Customer Satisfaction Sebagai Intervening Pada Aplikasi Jasa Kesehatan X. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Keuangan (JBMK), 2(3), 844–858.
Amelia, L., & Novita, D. (2019). Analisis Usability Aplikasi Pengisian KRS Online STMIK XYZ Palembang Menggunakan Use Questionnaire. Jurnal Informasi Dan Komputer, 7(1), 17–27.
Annur, C. M. (2022). Aplikasi Mobile Banking Terpopuler di Indonesia (2022). Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/22/aplikasi-mobile-banking-terpopuler-di-indonesia-siapa-juaranya
Artanto, F. A., Kusumawardhani, H. H., Khoirruchim, A., & Himawan, G. (2023). End User Computing Satisfaction (EUCS) Pada Analisis Kepuasan Penggunaan Website Openlearning. Teknomatika, 13(01), 13–21.
Ayu Rinjani, A. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bibit Reksadana Menggunakan Metode EUCS Dan IPA. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(2), 123–136. https://doi.org/10.35889/jutisi.v10i2.655
Dari, S. W. (2022). Analisa Kepuasan Dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal Terhadap E-Journal (OJS) Sebagai Sumber Informasi Menggunakan Model EUCS. Iqra: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 16(2), 277–293.
Dianta, I. A., & Zusrony, E. (2019). Analisis Pengaruh Sistem Keamanan Informasi Perbankan pada Nasabah Pengguna Internet Banking. Intensif, 3(1), 1–9.
Fatmawati, Sukarsa, I. M., & Mandenni, N. M. I. M. (2022). Perbandingan Metode EUCS dan WebQual Mengenai Kualitas Layanan Terhadap Pengguna (Studi Kasus : KRS Poltekkes Denpasar). JITTER- Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 3(1).
Fitriansyah, A., & Harris, I. (2018). Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Query: Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 1–8. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/1552
Golo, Z. A., Subinarto, & Garmelia, E. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 4(1), 52–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31983/jrmik.v4i1.6789
Gusni, F., Gunawan, R., Setiyani, L., & Rostiani, Y. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Akhir PLN Mobile Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Seminar Nasional Inovasi & Adopsi Teknologi, 3(1), 60–71. https://doi.org/ttps://doi.org/10.35969/inotek.v3i1
Hamdiah, & Likdanawati. (2021). Strategi Peningkatan Minat Nasabah Dalam Penggunaan Internet Mobile Banking (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri di Lhokseumawe). Jurnal Visioner Dan Strategis, 10(1), 1–8.
Husain, T., & Budiyantara, A. (2018). Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Dan WebQual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 4(2), 164–176. https://doi.org/10.35957/jatisi.v4i2.99
Imron, M., & Pratiwi, D. S. R. (2023). Penerapan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) Untuk Menganalisis Pemgaruh Pembelajaran Online Terhadap Kepuasan Siswa. Cogito Smart Journal, 9(1), 135–144.
Muzarkosah, I., & Syarifah, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Pengetahuan Produk Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pragaan). NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.30997/jn.v8i1.5723
Niqotaini, Z., & Budiman, B. (2021). Analisis Penerimaan Google Classroom Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Dan End-User Computing Satisfaction (Eucs) (Studi Kasus Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia). Technologia: Jurnal Ilmiah, 12(4), 259–273. https://doi.org/10.31602/tji.v12i4.5636
Perdana, A. A., Utami, M. C., & Aini, Q. (2021). End User Computing Satisfaction : Model Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (Studi Kasus). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(6), 1237–1246. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021863586
Pujana, G., Pradnyana, I. M. A., & Artha, I. K. R. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di SMP Negeri 1 Sukasada. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 12(1), 57–66. http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/
Rahayu, E. F. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi UG In Your Hand Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). ICIT Journal, 6(2), 213–226. https://doi.org/10.33050/icit.v6i2.1118
Shar, A., Fitri, M., & Novrianda, H. (2022). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan PT Bank Pembangunan Daerah Bengkulu. Jurnal Ilmiah Keuangan Dan Perbankan (Fidusia), 5(1), 77–86. http://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JPK/article/view/813
Sholihah, R., & Indriyanti, A. D. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 3(3), 102–109. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47236/39485
Siswa, T. A. Y., & Verdikha, N. A. (2021). Komparasi Metode E-Servqual Dan EUCS Untuk Menganalisis Tingkat Kepuasan Dosen Dalam Perkuliahan Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis LMS Di UMKT. Jurnal Ilmiah Matrik, 23(3), 239–250. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v23i3.1525
Suwanti, Yudhana, A., & Herman. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI), 12(2), 149–161. https://doi.org/10.34010/jati.v12i2
Taswin, Indra, & Hamrul, H. (2022). Implementasi Metode End User Computing Satisfaction untuk Mengukur Tingkat Keefektifan dan Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. JCIS (Journal of Computer and Information System), 5(1), 13–24. https://doi.org/10.22146/jcis.xxxx
DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1728
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Savitri Umar, Ahmad Fitriansyah, Harun Ar-Rasyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.