Rancangan Sistem Informasi Cheklist sebagai Media Asesmen Perkembangan Anak pada TK Nurul Yaqin

Sarwindah Sarwindah, Marini Marini, Pauziah Pauziah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang mengenai penggunaan sistem informasi ceklist sebagai media asesmen untuk mengetahui perkembangan anak usia dini pada TK Nurul Yaqin. Pengembangan sistem informasi cheklist berbasis web ini menggunakan model Rapid Application Development dan teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini juga digunakan untuk menunjang perkembangan fisik, mental, emosional, dan sosial anak agar siap mencapai jenjang yang lebih tinggi. Untuk memudahkan pendataan informasi perkembangan anak, maka pada penelitian ini dibuat sistem yang berbasis web yang dapat memudahkan pendataan cheklist. Sistem ini merupakan media asesmen perkembangan anak di TK Nurul Yaqin untuk penilaian  perkembangan anak didik berbasis web. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa TK Nurul Yaqin melaksanakan teknik asesmen untuk menilai perkembangan anak didiknya dengan menggunakan tiga teknik yaitu teknik cheklist, catatan anekdot dan hasil karya. Penilaian perkembangan sosial emosional menggunakan ketiga teknik tersebut, namun salah satu teknik yang paling menonjol untuk digunakan adalah teknik cheklist. Dengan adanya Rancangan Sistem Informasi Cheklist sebagai media Asesmen Perkembangan Anak pada TK Nurul Yaqin, memungkinkan guru untuk melacak perkembangan anak didik secara individu lebih rapi dalam administrasinya. Hal ini membantu dalam merencanakan intervensi yang tepat agar setiap anak didik dapat mencapai potensi maksimalnya. Selain itu dengan adanya Sistem Cheklist sebagai media Asesmen Perkembangan Anak pada TK Nurul Yaqin mampu menghasilkan laporan otomatis berdasarkan data yang ada di dalamnya, seperti laporan perkembangan anak didik.


Full Text:

PDF

References


Arif, E, Ruli, AR, & Riswanto, H (2023). Perancangan Sistem Informasi Checklist Kendaraan Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). Journal on Education, jonedu.org, https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2774

Aryanti, R., Fitriani, E., Ardiansyah, D., & Saepudin, A. (2021). Penerapan Metode Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Paradig. J. Komput. dan Inform., 23(2). doi:10.31294/p.v23i2.11170

Barao, V., Coata, R., Shibli, J., Bertolini, M., & Souza, J. (2022). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Institut Agama Islam Al Ghurabaa. Braz Dent Journal, 33(1), 1-12.

Fitriana, S., & Dewi, R. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Klasikal dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu Tahun 2022. 1-8.

Fransisca, S., & Putri, R. N. (2019). Pemanfaatan teknologi RFID untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode R&D. J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., 1(1), 72-75.

Hafidhuddin M. A., & Rahayu, T. (2021). Aplikasi Sistem Informasi Akademik pada Paud Al-Hafizh Haji Radun Kadir Berbasis Web. Senamika, 470-484.

Hamida, LN, Subekti, A, & ... (2018). Peranangan Sistem Informasi Pendukung Pelaksanaan Checklist K3 Pada Equipment Granulator. Conference on Safety …, journal.ppns.ac.id, https://journal.ppns.ac.id/index.php/seminarK3PPNS/article/view/646

Ichsan, RR (2019). Pembuatan Sistem Informasi Checklist dan Kebutuhan Data Audit Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Menurut PP No. 50 Tahun 2012., repository.ppns.ac.id, http://repository.ppns.ac.id/2456/

Muara, A., Kota, S., & Alam, P. W. (2022). Sistem Informasi Akademik Madrasah Tsanawiyah (MTS) Satu Atap Muara Siban Kota Pagar Alam Berbasis Web. 203-210.

No, V. (2017). Sistem Pengolahan Data Manajemen Akademik Pondok Pesantren Tazakka Berbasis Web Mobile.

Putra, Y. A., Sumijan, & Mardison. (2019). Perancangan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan Database Mysql. J. Teknol., 9(1), 25-40. doi:10.35134/jitekin.v9i1.5.

Sarwindah, S., & Yanuarti, E. (n.d.). Pengembangan Prototype Sistem E-Commerce pada Ajun Elektronik dengan Metode FAST. Sistem Informasi dan Komputer (J. Sisfokom).

Sarwindah, S., Syarah, Hengki, & Yanuarti. (2022). Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka Animasi 2 Dimensi untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi. 8(1), 134-143.

Susanti, M. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SMK Pasar Minggu Jakarta. Informatika, 3(1), 91-99.

Usna, S., & Hidayatullah, M. (2023). Aplikasi Penjualan pada Bengkel Bintaro Motor Service dan Sparepart Berbasis Web. 24-29.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 sarwindah . sarwindah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats