Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Arus Kas Pada PT. Adhiyastha Dhiwa Insani

Paulus Mariano Alfonso Molo, Barsilius Lucky Widiarsa, Ahmad Al Kaafi, Rusma Insan Nurachim

Abstract


Arus kas merupakan bagian dari laporan keuangan yang disajikan untuk memberikan informasi terkait kondisi keuangan perusahan pada suatu periode tertentu serta berguna bagi berbagai pihak diantaranya manajemen, pihak eksternal serta bagi internal perusahan itu sendiri. PT. Adhiyastha Dhiwa Insani merupakan suatu usaha dagang yang bergerak di bidang perdagangan bahan pembangunan, proses pencatatan arus kas ditempat ini masih belum menggunakan sistem terkomputerisasi atau kata lain masih manual dalam pencatatan setiap transaksi yang terjadi yang dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pencatatan dan pengolahan data.
Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Arus Kas ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang timbul dan mempermudah dalam pengolahan data serta pembuatan laporan pada PT. Adhiyastha Dhiwa Insani. Metode penelitian pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka sedangkan model pengembangan sistem yang digunakan adalah Waterfall Model, “Waterfall model sendiri adalah ranngkaian alur pengembangan sistem dimulai dari planning, analysis, design, implementation, operation & maintenance”.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website perusahaan yang dapat mempermudah pengelolaan data dan pembuatan laporan arus kas sehingga pekerjaan yang dilakukan lebih efisien.


Keywords


Sistem Informasi, Website, Arus Kas, Waterfall

Full Text:

PDF

References


A.S Rosa, & Salahudin. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika

Agus, P., & Safitri, Y. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis Agus Prayitno 1) Yulia Safitri 2). Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 1–10

Agustini, F. (2017). Sistem Informasi Penyewaan Kamar Menggunakan Metode Waterfall Dengan Konsep Pemrograman Berbasis Objek ( Studi Kasus : Hotel Bonita Cisarua Bogor ). Teknik Komputer AMIK BSI, III(1), 114–123.

Candra, Siregar, & Rukiastiandari. (2019). APLIKASI PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT MEILIA CIBUBUR BERBASIS WEB. 1–10.

Fridayanthie, & Mihdiati. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Internet. Jurnal Khatulistiwa Informatika2, 4(2), 126–138.

Hendini. (2016). PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4, 107–116.

Hery. (2015). Akuntansi Dasar 1 & 2. Jakarta: PT.Grasindo. Hutahean. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Laudon. (2015). Sistem Informasi Manajemen (10th ed.; C. Sungkono, ed.). Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Mahatmyo. (2014). Sistem Informasi Akuntansi Suatu Pengantar (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Supriyanta, & Suparlan. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pakaian Pada Alea Zahra Shop Yogyakarta. Jurnal Bianglala Irformatika, 5, 32–36.

Sutabri. (2016). Sistem Informasi Manajemen (Revisi). Yogyakarta: CV.Andi Offiset.

Wehantouw, A. B., & Tinangon, J. J. (2015). ANALISIS LAPORAN ARUS KAS OPERASI, INVESTASI DAN PENDANAAN PADA PT. GUDANG GARAM TBK. Jurnal EMBA, 3, 806–817.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v5i2.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Paulus Mariano Alfonso Molo, Barsilius Lucky Widiarsa, Ahmad Al Kaafi, Rusma Insan Nurachim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats