Usability Testing dan Rekomendasi Pengembangan E-Persuratan Dephub dengan Metode System Usability Scale dan Heuristic Evaluation

Wisnu Dwijaya Pradiktha, Luh Joni Erawati Dewi, I Made Gede Sunarya

Abstract


Dampak pandemi COVID-19 menyebabkan aktivitas atau kegiatan perkantoran menerapkan sistem kerja diluar kantor atau bekerja pada tempat tinggal masing-masing atau yang biasa disebut Work From Home (WFH) untuk meminimalisir pertemuan fisik yang dapat menimbulkan penyebaran virus COVID-19 semakin meluas. Dalam menghadapi hal tersebut, Kementerian Perhubungan telah membangun aplikasi Elektronik Persuratan (E-Persuratan) yang diharapkan dapat memudahkan dalam pendistribusian surat dinas secara daring. Aplikasi dapat digunakan oleh admin persuratan untuk melakukan pencatatan surat masuk dan surat keluar, atasan untuk melakukan disposisi surat, dan pegawai untuk menindaklanjuti surat tersebut. Namun seiring digunakannya e-persuratan ini, masih ditemukan beberapa kekurangan dari segi tampilan antarmuka dan fitur pada aplikasi yang menyebabkan penggunaan aplikasi belum efektif dan efisien digunakan oleh pengguna. Maka untuk dapat mengukur tingkat daya guna dan mengevaluasi aplikasi E-Persuratan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan metode usability testing. Teknik usability testing pada penelitian ini menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan Heuristic Evaluation. Hasil dari penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan, pada penilaian usability testing dengan teknik System Usability Scale (SUS) menunjukkan bahwa hasil dari perhitungan diperoleh rata-rata skor sebesar 42,2. Jadi, dalam penilaian dengan skala addjective rating System Usability Scale (SUS) dari pengolahan skor SUS yang diperoleh masih dalam skala Grade F dengan addjective rating yaitu Poor yang masih kurang memuaskan atau belum diterima oleh pengguna dikarenakan skor standar minimal penilaian SUS yang masuk kategori dapat diterima pengguna yaitu 68,00.


Full Text:

PDF

References


Fajarini, Putu Tantri dkk. (2020). “Evaluasi Portal Berita Online Pada Aspek Usability Menggunakan Heurtistic Evaluation Dan Think Aloud.” 7(5): 905–10.

Gianina Tileng, Kartika. (2021). “Usability Testing Pada Aplikasi Zoom Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough.” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi 8(2). http://jurnal.mdp.ac.id.

Ginting, Lit Malem, Grady Sianturi, dan Christina Vitaloka Panjaitan. (2021). “Perbandingan Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dan Cognitive Walkthrough.” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) 11(2): 146–57.

Giska Pranandita, Yan, Hanifah Muslimah Az-Zahra, dan Diah Priharsari. (2021). 5 Evaluasi Usability pada Aplikasi Among Kota dengan Metode Think Aloud dan Heuristic Evaluation. http://j-ptiik.ub.ac.id.

Iryanti, Emi dkk. (2022). “Pengukuran Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik Dan System Usability Scale.” 9(3): 469–78.

Kaya, A, Ozturk, R, & Gumussoy, C Altin (2019). Usability measurement of mobile applications with system usability scale (SUS). … Engineering in the Big Data Era …, Springer, https://doi.org/10.1007/978-3-030-03317-0_32

Lewis, JR (2018). The system usability scale: past, present, and future. International Journal of Human–Computer Interaction, Taylor &Francis, https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1455307

Made, I dkk. (2020). “Evaluasi Sistem Informasi Kemajuan Akademik (SIsKA-NG) Mobile Menggunakan Metode Heuristic Evaluation, System Usability Scale, dan Concurrent Think Aloud.” Jurnal Ilmu Komputer Indonesia(JIK) 5(2).

Mastri Suputera I Dewa Nyoman, Ardwi Pradnyana I Made, dan Resika Arthana I Ketut. (2022). “Usability Testing Pada Sistem Informasi Akademik New Generation (Siak-Ng) Undiksha Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Ditinjau Dari Pengguna Mahasiswa” INSERT: Information System and Emerging Technology Journal 3.

Nielsen, J., dan Robert Mack. (1994). Usability Inspection Methods Heuristic Evaluation.

Nielsen, Jakob. (2012). “Usability 101: Introduction to Usability.” All Usability.

Rahmatullah Fuad, Saputra Eki, dan Hamzah M Luthfi. (2022). “Evaluasi UI/UX Website E-Learning UIN Suska Riau Menggunakan System Usability Scale Dan Heuristic Evaluation.” http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62882 (Oktober 21, 2022).

Sharfina, Zahra, dan Harry Budi Santoso. (2017). “An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS).” Dalam 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2016,.

Silalahi, Rachel Jessica, Hanifah Muslimah Az-Zahra, dan Retno Indah Rokhmawati. (2022). 6 Evaluasi Usability pada Website Skilvul sebagai Massive Open Online Courses (MOOCS) menggunakan Metode Think-Aloud. http://j-ptiik.ub.ac.id.

Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pembangunan, Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Lingkungan Kementerian Perhubungan. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Dephub. https://jdih.dephub.go.id/produk_hukum

Utami, Nengah Widya dkk. (2020). 9 Evaluasi Usability Pada E-Learning Universitas Pendidikan Ganesha Dengan Metode Usability Testing.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wisnu Dwijaya Pradiktha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats