Pendekatan Knowledge Management System Berbasis Framework Laravel dan Container untuk Kinerja Helpdesk pada BMKG Pusat Meteorologi Penerbangan

Mohammad Susilo, Aris Gunaryati

Abstract


Perkembangan teknologi yang pesat berpengaruh pada semua manusia. Manusia dituntut untuk dapat cerdas mengikuti perkembangan jaman. Perkembangan tersebut selalu berhubungan dengan teknologi informasi yang semakin canggih, baik dari segi perangkat yang digunakan maupun sistem informasinya. Internet dapat menjadi jembatan untuk dapat berkembang. Dalam pelayanan menangani keluhan dari UPT Stasiun Meteorologi Penerbangan kepada bagian terkait yang berada di kantor pusat masih menggunakan whatsapp dan telegram sebagai sarana komunikasi dan pelaporan kendala oleh bagian terkait. Permasalahan yang terjadi oleh sistem tiketing saat ini adalah semakin banyaknya pelaporan oleh UPT Stasiun Meteorologi Penerbangan menggunakan whatsapp dan telegram dinilai kurang maksimal karena sulit melakukan kontrol tiket sehingga dirasa kurang efektif dan efisien. Selain itu dikarenakan banyak tiket yang menumpuk menjadi penyebab terlambatnya penanganan masalah yang melebihi dari waktu estimasi. Berdasarkan latar belakang diatas perlu dilakukan penelitian untuk Meningkatkan Kinerja Helpdesk pada BMKG Pusat Meteorologi Penerbangan. Penelitian menggunakan Pendekatan Knowledge Management System Berbasis Framework Laravel dan Container. Penelitian menggunakan algoritma Knuth Morris Pratt. Fitur yang digunakan adalah pembuatan tiket pelaporan permasalahan di UPT Stasiun Meteorologi Penerbangan. Data yang akan digunakan adalah data cuaca, gempa bumi, iklim dan permasalahan di UPT Stasiun Meteorologi Penerbangan. Sistem telah mampu mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada pada BMKG Penerbangan terkait proses pelaporan permasalahan.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S, & Latifah, F (2019). Implementasi Framework Laravel Pada Sistem Informasi Sekolah Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Web (studi kasus sekolah luarbiasa Matahati Jakarta). JISAMAR (Journal of Information …, journal.stmikjayakarta.ac.id, http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/119

Irawan, A., & Setiyorini, N. K. (2017). Rancang Bangun Aplikasi helpdesk Dengan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management System Pada Seksi Teknisi PT. Indah kiat pulp & paper Tbk. ProTekInfo.

Jimale, A. O. (2018). Spell Checker for Somali Language Using Knuth-Morris-Pratt String Matching Algorithm. International Conference of Reliable Information and Communication Technology, 249-256.

Luthfi, F (2017). Penggunaan Framework Laravel Dalam Rancang Bangun Modul Back-End Artikel Website Bisnisbisnis. ID. JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), ejournal.uin-suka.ac.id, https://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/JISKA/article/view/ 1165

Lydia, C., & Yoke, L. R. (2023). Perancangan Sistem Helpdesk Dengan Metode Knowledge Management System (Studi Kasus Pada PT. XYZ). JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma.

Machfudin, T. (2014). Strategi Penerapan Knowledge Management System Pada Aplikasi IT Helpdesk.

Ningsih, E. R. (2013). Knowledge Management System (KMS) Dalam Meningkatkan Inovasi LPPM Perguruan Tinggi. Jurnal Sains Dan Manajemen AMIK BSI Purwokerto.

Santoro, G, Vrontis, D, Thrassou, A, & Dezi, L (2018). The Internet of Things: Building a knowledge management system for open innovation and knowledge management capacity. Technological forecasting and …, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0040162517302846

Stenly, A. S., Jimmy, H., & Oktoverano, L. (2020). Pengembangan IT Helpdesk Ticketing Sistem Berbasis Web di Universitas Klabat. Web di Universitas Klabat.

Subecz, Z (2021). Web-development with Laravel framework. Gradus, real.mtak.hu, http://real.mtak.hu/125616/1/2021_1_CSC_006_Subecz.pdf

Sunarto, Y. K. (2018). Studi Perbandingan Algoritma Naive Method, Knuth-Morris-Pratt dan Boyer Moore-Hoorspool pada Multi Record Database (Doctoral dissertation, Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW).

Tiwana, A. (1999). The knowledge Management Toolkid: practical technique for building a knowledge management system.

Wijonarko, D, & Budi, FWS (2019). Implementasi Framework Laravel Dalam Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Kota Malang. Jurnal Informatika Dan …, e-journal.stmiklombok.ac.id, http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/ view/116

Worthley, D (2015). Community Knowledge Management System. US Patent App. 14/275,546, Google Patents, https://patents.google.com/patent/US20150026260A1/en

Yudhanto, Y, & Prasetyo, HA (2018). Panduan Mudah Belajar Framework Laravel., books.google.com, https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=TpV1DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=framework+laravel&ots=c72WslziQ9&sig=awRf5UH6odrWmtUTftP5G0Q0KBw




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohammad Susilo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats