Perancangan UI/UX Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)

Putri Apriliyanti, Dede Irmayanti, Syariful Alam

Abstract


Pembelajaran adalah proses komunikasi yang bertujuan menyampaikan tujuan pembelajaran dengan cara yang efektif. Media memiliki peran penting sebagai salah satu komponen pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa dasar adalah penggunaan media pendidikan. Di SDN Cipinang, guru masih menggunakan alat bantu seperti buku dan pernah mencoba aplikasi sebelumnya untuk murid. Hal ini menyebabkan sistem pembelajaran menjadi monoton, membuat siswa cepat bosan, dan mengurangi tujuan untuk menciptakan siswa berkualitas. Selain itu, materi yang dijelaskan dalam buku juga tidak terlalu lengkap dan mendalam. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menggunakan metode User Centered Design dengan mengembangkan Prototype berbasis mobile. Pengalaman Pengguna (User Experience) dalam menciptakan atau menggunakan suatu produk dapat didefinisikan sebagai kesan dan interaksi yang dirasakan oleh individu-individu yang menggunakan produk dalam kehidupan sehari-hari. Desain pengalaman pengguna bertujuan untuk memastikan bahwa produk terlihat menarik bagi pengguna dan mampu menjalankan tugas-tugas yang relevan dengan konteks penggunaan. Pengujian dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS). Dalam penelitian ini, digunakan figma untuk mendesain aplikasi, yang mencakup penjelasan provinsi, tarian, makanan khas, rumah adat, pakaian, alat musik, dan gif tarian daerah. Hasil dari penelitian ini adalah prototype aplikasi mobile pembelajaran budaya Indonesia untuk sekolah dasar. Berdasarkan pengujian prototype menggunakan metode System Usability Scale, rata-rata nilai SUS yang didapatkan adalah 83,682. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran budaya Indonesia telah diterima dan memenuhi kriteria yang diharapkan.


Full Text:

PDF

References


Abras, C, Maloney-Krichmar, D, & Preece, J (2004). User-centered design.W. Encyclopedia of..,academia.edu, https://www.academia.edu/download/6190316/10.1.1.94.381.pdf

Agarina, M, Karim, AS, & Sutedi, S (2019). User-centered design method in the analysis of user interface design of the department of informatics system's website, International Conference on jurnal.darmajaya.ac.id, https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/icitb/article/view/2098

Budiharto, S., Raymond, Y., & Moch, R. (2023). Perancangan User Interface / User Experience Aplikasi Mobile Menggunakan Metode Design Thinking Pada Only One Cloth Di Purwakarta. 7, 146–157.

Dopp, AR, Parisi, KE, Munson, SA, & (2019). A glossary of user-centered design strategies for implementation experts. Translational behavioral, academic.oup.com, https://academic.oup.com/tbm/article-abstract/9/6/1057/5232646

Graham, AK, Wildes, JE, Reddy, M, (2019). User‐centered design for technology‐enabled services for eating disorders. … Journal of Eating …, Wiley Online Library, https://doi.org/10.1002/eat.23130

Han, Y, & Moghaddam, M (2021). Analysis of sentiment expressions for user-centered design. Expert Systems with Applications, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0957417421000452

Novianto, A. R., & Rani, S. (2022). Pengembangan Desain UI / UX Aplikasi Learning Management System dengan Pendekatan User Centered Design. 2, 21–32.

Nur Aini, A., & Yuliawati, F. (2020). Efektivitas Media Pop-Up Book Pada Materi Keragaman Budaya Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Purworejo. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(2), 103–117. https://doi.org/10.14421/edulab.2020.52-01

Nurul Azizah, E., Gito Resmi, M., & Alam, S. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Pengenalan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo). Jurnal Mnemonic, 6(1), 71–76. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v6i1.5711

Opel, DS, & Rhodes, J (2018). Beyond student as user: Rhetoric, multimodality, and user-centered design. Computers and Composition, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S8755461518300227

Resika Arthana, I. K., Dantes, G. R., Dewi, L. J. E., Setemen, K., & Marti, N. W. (2021). Pengembangan Prototype Frequently Asked Question (Faq) Undiksha Dengan Pendekatan User Centered Design. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 77. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.32141

Salamah, I. (2019). Evaluasi Usability Website Polsri Dengan Menggunakan System Usability Scale. 8, 176–183.

Santoso, H, & Putra, PH (2021). Development &evaluation of e-learning module based on visual and global preferences using a user-centered design approach. International Journal of Emerging …, learntechlib.org, https://www.learntechlib.org/p/220132/

Sufandi, U. U., Trihapningsari, D., & Mellysa, W. (2022). Peluang Penelitian UI/UX pada Pengembangan Aplikasi Mobile: Systematic Literature Review. Techno.Com, 21(3), 411–433. https://doi.org/10.33633/tc.v21i3.6059

Sustantiara, A., Triayudi, A., & Solihati, I. D. (2023). Optimalisasi Application Programming Interface ( API ) Dalam Penjualan Cake Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design ( UCD ). 10(1), 201–211. https://doi.org/10.30865/jurikom.v10i1.5627




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 putri apriliyanti apriliyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats