Analisis Peningkatan Penjualan dengan Media Iklan yang Dibuat Menggunakan Aplikasi Canva di LKP Loka Bina Bangsa
Abstract
Pemanfaatan teknologi di berbagai sektor kehidupan memunculkan era baru yang disebut dengan era digital. Era digital membuat metode pemasaran cenderung bergeser menjadi digital marketing. Dalam penerapannya, digital marketing membutuhkan keterampilan untuk membuat iklan yang baik dan menarik. Salah satu aplikasi yang saat ini marak digunakan yaitu canva. LKP Loka Bina Bangsa merupakan lembaga kursus yang menjual beberapa produk kewirausahaan, namun penjualannya saat ini masih belum maksimal sehingga dibutuhkan upaya dalam proses pemasaran. Salah satu upaya pemasaran tersebut yaitu dengan menyebarluaskan iklan di media sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh iklan dalam meningkatkan penjualan produk di LKP Loka Bina Bangsa. Peningkatan penjualan dilihat dari hasil metode kuisioner dan wawancara terhadap masyarakat, direktur dan staf LKP Loka Bina Bangsa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat peningkatan penjualan beberapa produk yang diiklankan seperti undangan, gantungan kunci, buku yasin dan mug. Pembuatan iklan hanya membutuhkan waktu yang singkat dan hasilnya dapat dengan mudah disimpan serta disebarluaskan di media sosial. Dengan demikian penggunaan aplikasi canva direkomendasikan sebagai aplikasi pembuat iklan yang penggunaannya mudah, lebih efisien, hemat waktu dan biaya serta mampu membantu upaya meningkatkan penjualan.
Full Text:
PDFReferences
Afifah, A. N., Najib, M., Sarma, M., & Leong, Y. C. (2018). The influences towards business success of MSMEs creative sector. Journal of Applied Management (JAM), 16(3), 377–386. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/articl e/view/1241
Alivfia, A.R & Saprudin, U. (2023). Analisis Sentimen Review Data Twitter Komisi Pemilihan Umum (KPU) Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal informasi dan Komputer Vol: 11 No:1 2023 Hal. 81-84
Imron, Ong D. & Andriansah. (2022). Analisa Pengaruh Iklan Dari Aplikasi Design Canva Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM. Jakarta. Jurnal Teknologi Informasi Vol. XVII Nomor 2 Juni 2022 Universitas Bina Sarana Informatika
Kannan, PK (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International journal of research in marketing, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0167811616301550
Kingsnorth, S (2022). Digital marketing strategy: an integrated approach to online marketing., books.google.com, https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=acdsEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=digital+marketing&ots=Ztjm7ZBAoQ&sig=Xchi0cu3sFth9Q_g_p49yDalTKI
Mahmudin, N.S. & Saprudin, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII dengan Metode Research and Development (R&D). Jurnal Informasi dan Komputer Vol: 11 No:1 2023
Nurdiarti, R. P., Wulandari, A. ., & Akbar, M. . (2021). Manajemen Usaha Berbasis Media Sosial Pada UMKM “Bakpia Ivan” Di Desa Janten, Bantul. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.18196/ppm.23.429
Olson, EM, Olson, KM, Czaplewski, AJ, & Key, TM (2021). Business strategy and the management of digital marketing. Business horizons, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0007681320301567
Rachmadi, T. (2020). The Power Of Digital Marketing. Tiga Ebook. https://play.google.com/store/books/details/The_Power_Of_Digital_Marketing?id=RCzyD wAAQBAJ&hl=in&gl=US
Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v 12i2.30179
Ryan, D (2016). Understanding digital marketing: marketing strategies for engaging the digital generation., books.google.com, https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=4pZlDQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=digital+marketing&ots=Pb8WsCXN6t&sig=FoRUpAgo9ONBDuE8i07IY4dS8A0
Saprudin, U. & Anggraeni, I. (2023). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam Pemilihan E-Wallet pada Mahasiswa STMIK Dharma Wacana. Jurnal Teknlogi Informatika dan Komputer MH. Thamrin. Volume 9 No 1; Maret 2023 Hal. 574-581
Saura, JR (2021). Using data sciences in digital marketing: Framework, methods, and performance metrics. Journal of Innovation &Knowledge, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2444569X20300329
Tanjung, R. E. , & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Wibowo, A., Delima, R., & Santosa, H. B. (2021). Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pemasaran Produk Unggulan Desa Pada Desa Binaan Yayasan Trukajaya Di Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://prosiding.umy.ac.id/semnasppm/index.php/psppm/article/view/8
DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1658
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wawan Angga Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.