Analisis Peningkatan Penjualan dengan Media Iklan yang Dibuat Menggunakan Aplikasi Canva di LKP Loka Bina Bangsa

Usep Saprudin, Wawan Angga Setiawan

Abstract


Pemanfaatan teknologi di berbagai sektor kehidupan memunculkan era baru yang disebut dengan era digital. Era digital membuat metode pemasaran cenderung bergeser menjadi  digital marketing. Dalam penerapannya, digital marketing membutuhkan keterampilan untuk membuat iklan yang baik dan menarik. Salah satu aplikasi yang saat ini marak digunakan yaitu canva. LKP Loka Bina Bangsa merupakan lembaga kursus yang menjual beberapa produk kewirausahaan, namun penjualannya saat ini masih belum maksimal sehingga dibutuhkan upaya dalam proses pemasaran. Salah satu upaya pemasaran tersebut yaitu dengan menyebarluaskan iklan di media sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh iklan dalam meningkatkan penjualan produk di LKP Loka Bina Bangsa. Peningkatan penjualan dilihat dari hasil metode kuisioner dan wawancara terhadap masyarakat, direktur dan staf LKP Loka Bina Bangsa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat peningkatan penjualan beberapa produk yang diiklankan seperti undangan, gantungan kunci, buku yasin dan mug. Pembuatan iklan hanya membutuhkan waktu yang singkat dan hasilnya dapat dengan mudah disimpan serta disebarluaskan di media sosial. Dengan demikian penggunaan aplikasi canva direkomendasikan sebagai aplikasi pembuat iklan yang penggunaannya mudah, lebih efisien, hemat waktu dan biaya serta mampu membantu upaya meningkatkan penjualan.

 


Full Text:

PDF

References


Afifah, A. N., Najib, M., Sarma, M., & Leong, Y. C. (2018). The influences towards business success of MSMEs creative sector. Journal of Applied Management (JAM), 16(3), 377–386. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/articl e/view/1241

Alivfia, A.R & Saprudin, U. (2023). Analisis Sentimen Review Data Twitter Komisi Pemilihan Umum (KPU) Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal informasi dan Komputer Vol: 11 No:1 2023 Hal. 81-84

Imron, Ong D. & Andriansah. (2022). Analisa Pengaruh Iklan Dari Aplikasi Design Canva Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM. Jakarta. Jurnal Teknologi Informasi Vol. XVII Nomor 2 Juni 2022 Universitas Bina Sarana Informatika

Kannan, PK (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International journal of research in marketing, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0167811616301550

Kingsnorth, S (2022). Digital marketing strategy: an integrated approach to online marketing., books.google.com, https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=acdsEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=digital+marketing&ots=Ztjm7ZBAoQ&sig=Xchi0cu3sFth9Q_g_p49yDalTKI

Mahmudin, N.S. & Saprudin, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII dengan Metode Research and Development (R&D). Jurnal Informasi dan Komputer Vol: 11 No:1 2023

Nurdiarti, R. P., Wulandari, A. ., & Akbar, M. . (2021). Manajemen Usaha Berbasis Media Sosial Pada UMKM “Bakpia Ivan” Di Desa Janten, Bantul. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.18196/ppm.23.429

Olson, EM, Olson, KM, Czaplewski, AJ, & Key, TM (2021). Business strategy and the management of digital marketing. Business horizons, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0007681320301567

Rachmadi, T. (2020). The Power Of Digital Marketing. Tiga Ebook. https://play.google.com/store/books/details/The_Power_Of_Digital_Marketing?id=RCzyD wAAQBAJ&hl=in&gl=US

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v 12i2.30179

Ryan, D (2016). Understanding digital marketing: marketing strategies for engaging the digital generation., books.google.com, https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=4pZlDQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=digital+marketing&ots=Pb8WsCXN6t&sig=FoRUpAgo9ONBDuE8i07IY4dS8A0

Saprudin, U. & Anggraeni, I. (2023). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam Pemilihan E-Wallet pada Mahasiswa STMIK Dharma Wacana. Jurnal Teknlogi Informatika dan Komputer MH. Thamrin. Volume 9 No 1; Maret 2023 Hal. 574-581

Saura, JR (2021). Using data sciences in digital marketing: Framework, methods, and performance metrics. Journal of Innovation &Knowledge, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2444569X20300329

Tanjung, R. E. , & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Wibowo, A., Delima, R., & Santosa, H. B. (2021). Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pemasaran Produk Unggulan Desa Pada Desa Binaan Yayasan Trukajaya Di Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://prosiding.umy.ac.id/semnasppm/index.php/psppm/article/view/8




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wawan Angga Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats