Implementasi Virtual Router Redundancy Protocol Untuk Meningkatkan Kinerja Jaringan Direktorat Hukum Angkatan Darat (DITKUMAD) Jakarta

Yunita maudy, Aziz Setyawan Hidayat, Eva Rahmawati

Abstract


ABSTRAK

Kegagalan pada jaringan terdiri dari kegagalan perangkat dan kegagalan link. Kegagalan perangkat berarti bahwa perangkat jaringan itu sendiri sedang down yang bisa berupa kegagalan pada switch atau router. Kegagalan perangkat bisa terjadi pada switch atau router maka jaringan tersebut akan down karena tidak ada yang bisa meneruskan paket. Karena switch atau router merupakan perangkat inti dari jaringan dan yang menghubungkan antar segment yang berbeda. Pada saat terjadi kegagalan jaringan yang di sebabkan oleh perangkat jaringan yaitu router, bagian IT network akan memperbaikinya secara manual dan memerlukan waktu yang cukup lama. Hal tersebut tentunya mengurangi kinerja pada suatu jaringan komputer, bila tidak adanya peralihan jaringan secara cepat dan otomatis. Oleh karena itu, dibutuhkan Implementasi Virtual Router Redundancy Protocol (VRRP) untuk meningkatkan kinerja jaringan. Dengan adanya VRRP dapat mengatasi kegagalan suatu jaringan yang disebabkan oleh perangkat jaringan.


Keywords


Implementasi, VRRP, Router, Jaringan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Choirullah, Anif, & Rochadi, (2017). Analisis Kualitas Layanan Virtual Router Redundancy Protocol Menggunakan Mikrotik pada Jaringan VLAN. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 5(4), 278–285. https://doi.org/10.22146/jnteti.v5i4.275

Gustina et al (2017). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN ROUTER MIKROTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP ( Analitycal Hierarchy Process ). IX(1), 68–73.

Kuswanto & Rahman, (2019). Failover Gateway Menggunakan Protokol Virtual Router Redundancy Protocol ( VRRP ) pada Mikrotik Router. 7(1), 60–66.

Raharjo, Pernando, & Fauzi, (2019). Perancangan Performansi Quality Of Service Dengan Metode Virtual Routing Redudancy Protocol ( VRRP ). V(1), 87–92. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Ratna, (2017). PERANCANGAN DAN INSTALASI JARINGAN LOCAL AREA NETWORK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH ENAM GEMOLONG SRAGEN. 2(2).




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v6i1.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yunita maudy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats