Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok Air Minum Implementasi Metode Rapid Aplication Development (RAD)

Yahdi Kusnadi, Eni Irfiani, Andri Suandi

Abstract


Perusahaan air minum merupakan salah satu unit usaha pengelolaan air minum, yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. Setiap perusahaan membutuhkan data-data yang berhubungan dengan semua kegiatan seperti barang yang masuk dengan proses pemasokan dan barang keluar dengan proses transaksi penjualan, agar semua proses dalam perusahaan bisa berjalan dengan baik tanpa ada kesalahan sehingga laporan perusahaan dapat dilakukan dengan benar. Perusahaan air minum CV. D&D Jaya ini setelah diteliti masih memiliki banyak kekurangan dalam pengelolaan data barang masuk dengan proses pemasokannya, yang masih secara manual sampai data barang keluar yang dilakukan dengan proses transaksi penjualan sehingga pengelolaan data di perusahaan ini masih membutuhkan waktu yang lama dan kurang akurat. Permasalahan yang terjadi dalam pengolahan data barang saat ini dalam mengontrol item barang yang masuk disimpan dan keluar masih menggunakan sistem tidak terkomputerisasi, yaitu pengolahannya masih dilakukan dengan menggunakan program manual yang belum terintegrasi dengan database. Oleh karena itu, pihak administrasi kesulitan dalam pengelolaan data barang, walaupun pengelolaan sudah terorganisir tetapi masih belum optimal dan membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk memproses data tersebut.


Full Text:

PDF

References


Rosa, A. S.; Shalahuddin, M. (2019). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: BI-Obses.

Fathansyah. (2018). Basis Data. Bandung: BI-Obses.

Oktaviani, H. S.; MADCOMS. (2018). Aplikasi Web Database Menggunakan Adobe Dreamwever CS3, Pemrograman PHP + MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Nugroho, B. (2019). Membuat Website Sendiri dengan PHP-MSQL. Jakarta: Media Kita.

Hery, P. (2009). Mengelola Rantai Pasokan dan Informasi Dalam Memenangkan Persaingan. ISSN: 1411-1497. Semarang: Jurnal Ilmiah Prestasi Vol. 5, No. 2 Desember 2009.

Hidayatullah, P.; Jauhari Khairul Kawistara, J. K. (2020). Pemrograman Web. Bandung: BI-Obses.

Eko, S.; Ama, A. U. T.; Setiawan, A. (2014). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) Untuk Distribusi Pangan Kabupaten Minahasa Tenggara. ISSN: 2302-3740. Depok: Jurnal Ilmiah Vol. 8, No. 8 Oktober 2014.

Suprianto; Dodit. (2018). Buku Pintar Pemrograman PHP. Bandung: OASE Media.

Yuana; Ari, R. (2018). 67 Trik & Ide Brilian Master PHP. Yogyakarta: Loko Media.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yahdi Kusnadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats