Authentication Wireless Area Network Menggunakan Captive Portal Berbasis Mikrotik pada Madrasah Ibtidaiyah Misbahul Athfal Bogor

Toni Sukendar, Mohammad Ikhsan Saputro, Ahmad Ishaq, Achmad Sumbaryadi

Abstract


Madrasah Ibtidaiyah Misbahul Athfal merupakan sekolah dengan jenjang dasar pada pendidikan formal di Indonesia yang setara dengan sekolah dasar. Madrasah Misbahul Athfal ini memiki jaringan wireless (WLAN) yang digunakan sebagai media pertukaran data serta informasi dengan memanfaatkan media transmisi wireless. Sistem keamanan yang di terapkan di madrasah tersebut adalah WPA2-PSK (Wi-Fi Protected Access 2 Pre Shared Key). Sistem keamanan WPA2-PSK untuk saat ini dirasa memiliki kelemahan dikarenaan hanya menggunakan satu password untuk seluruh user yang akan terhubung ke internet dan ini merupakan satu kelemahan pada system keamanan WPA2-PSK. Hal tersebut memberikan peluang bagi user yang tidak bertanggung jawab untuk masuk kedalam jaringan WLAN Madrasah Ibtidaiyah Misbahul Athfal. Oleh karena itu pada penelitian kali ini mencoba menerapkan sistem keamanan Authentication Captive Portal sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan keamanan WLAN Madrasah Misbahul Athfal. Metode Authentication ini menggunakan router mikrotik dan aplikasi winbox sebagai untuk konfigurasi dan monitoring. Pada metode ini semua user memungkinkan untuk mempunyai password dan Account yang berbeda.


Full Text:

PDF

References


Hidayat, A. (2018). Design of radius server on server network internet faculty of Computer Science University Muhammadiyah Metro. IJISCS (International Journal Of Information System and Computer Science)

Hariadi, Yutanto. (2019). Penerapan Model Promosi Berbasis Web Captive Portal Hotspot dengan Manajemen Terpusat. Jurnal Sistem Informasi Bisnis.

I, Made Edy Listharta (2020). Automasi Website Browser untuk melakukan Autologin kedalam Captive Portal. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer.

Purwanto, T. D., & Cholil, W. (2013). Analisa Kinerja Wireless Radius Server Pada Perangkat Access Point 802.11 g (Studi Kasus di Universitas Bina Darma)

Rahmat. Novrianda. (2018). Implementasi Authentication Captive Portal pada wireless Local Area Network PT. Rikku Mitra Sriwijaya. Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi.

Silitonga, P. (2014). Analisis QoS (Quality of Service) Jaringan Kampus dengan Menggunakan Microtic Routerboard. Jurnal Times




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Toni Sukendar, Mohammad Ikhsan Saputro, Ahmad Ishaq, Achmad Sumbaryadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats