Penerapan Metode Data Mining terhadap Data Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori pada Toko Metro Akustik

Lia Aprita, Andreas Perdana

Abstract


Toko Metro Akustik adalah Toko yang menjual berbagai jenis alat musik akustik. Selama ini pemanfaatan data transaksi penjualan pada Toko Metro Akustik hanya disimpan sebagai arsip. Padahal, data tersebut dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi yang berguna untuk peningkatan penjualan produk maupun inovasi produk. Dalam hal ini, perlu dilakukan analisis data transaksi untuk mendapatkan pola penjualan dengan menerapkan Algritma Apriori. Dengan adanya informasi mengenai pola penjualan, Toko Metro Akustik dapat mengetahui apa yang paling sering dibeli oleh konsumen. Hasil dari penelitian ini adalah Algoritma Apriori mampu digunakan untuk menentukan produk yang paling sering dibeli konsumen dengan melihat kecenderungan konsumen dalam melakukan transaksi. Hasil analisis yang didapatkkan setelah menggunakan perbandingan minimum support dan minimum confidence yang berbeda-beda berdasarkan data transaksi yang ada adalah dengan menggunakan minimum support 4% dan minimum confidence 60% menghasilkan dua aturan asosiasi. Informasi ini dapat memudahkan dalam menyiapkan produk yang paling sering dibeli konsumen serta menjadikan paket promo dalam menarik minat konsumen dan meningkatkan pemasaran.

Full Text:

PDF

References


Badrul, M. (2016). Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. Bodon, F. (2003). A fast APRIORI implementation. FIMI, 3, 63.

Chang, R., & Liu, Z. (2011). An improved apriori algorithm. Proceedings of 2011 International Conference on Electronics and Optoelectronics, 1, V1-476.

Chen, M.-S., Han, J., & Yu, P. S. (1996). Data mining: an overview from a database perspective. IEEE Transactions on Knowledge and Data Engineering, 8(6), 866–883.

Hegland, M. (2007). The apriori algorithm–a tutorial. Mathematics and Computation in Imaging Science and Information Processing, 209–262.

Iswandi, P., Permana, I., Salisah, F. N., Studi, P., Informasi, S., Pendahuluan, A., & Apriori, B. A. (2020). Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Tata Letak Barang.

Jha, J., & Ragha, L. (2013). Educational data mining using improved apriori algorithm.

International Journal of Information and Computation Technology, 3(5), 411–418.

S. J. Tamba and E. Bu’ulolo, (2019). “Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Buah-buahan (Studi Kasus : Lotte Mart Wholesale Medan),” Oct. 2019.

Suntoro, J. (2019). Data Mining : Algoritma dan Implementasi dengan pemprograman. PHP. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Witten Ian H., Eibe Frank, and Hall Mark A., (2011). Data Mining : Practical Machine Learning Tools and Techniques 3rd Edition. Elsevier.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 lia aprita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats