Sistem Pengadaan Bahan Baku Kain CV. Artie Yasa Invinite Menggunakan Linear Sequential Model Berbasis Codeigniter

Riky Haryani Ramadhanti, Daniel Yeri Kristiyanto

Abstract


Sistem informasi saat ini sangat dibutuhkan dalam menunjang produktivitas bisnis suatu perusahaan. CV. Artie Yasa Invinite merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pakaian muslim. Namun, sering ditemukan ketidaksesuaian pada saat pengadaan bahan baku. Pendataan dan perhitungan jumlah pemesanan bahan baku masih dilakukan secara manual sehingga sering terjadi kesalahan dalam perhitungan. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem informasi untuk mendukung pendataan dan perhitungan bahan baku. Efektifitas pendataan dan perhitungan bahan baku membutuhkan metode yang baik. Metode Economic Order Quantity (EOQ) dipandang dapat membantu menentukan kebutuhan pasokan bahan baku. Sistem persediaan bahan baku akan lebih efektif bila menggunakan teknologi. Teknik pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan metode Linear Sequential Model (LSM). LSM terdiri dari persyaratan, desain, implementasi, verifikasi, dan pemeliharaan. Selanjutnya pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan White Box Testing dan Black Box Testing. Penelitian ini berhasil menerapkan metode Linear Sequential Model berbasis EOQ pada sistem informasi berbasis CodeIgniter untuk pendataan dan perhitungan pemesanan bahan baku.


Full Text:

PDF

References


Abidin, I. Z., & Putro, H. P. (2020). Penerapan MVC dalam Pengembangan Sistem Point of Sale. Jurnal AUTOMATA, 1(2), 6.

Adha, L. H., Asyhadie, Z., & Kusuma, R. (2020). Indonesia Industrial Digitalization and Its Impact on Labor and. Jurnal Kompilasi Hukum, V(2), 32.

David, & Simchi-Levi. (2003). Designing and Managing Supply Chain (p. 1).

Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 1. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i2.12142

Padmantyo, S., & Tikarina, Q. N. (2018). EOQ dan JIT: Mana yang Lebih Tepat Diterapkan Perusahaan Manufaktur? The National Conferences Management and Business (NCMAB), 675–688. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9994

Wiro Sasmito, G. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1), 6–12.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riky Haryani Ramadhanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats