Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Bimbingan Skripsi Berbasis Mobile pada Fakultas Komputer Universitas Mohammad Husni Thamrin

Muhammad Ridwan Effendi, Eka Satryawati

Abstract


Skripsi pada setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta nilainya sekitar 6 (enam) sks. Setiap mahasiswa pada akhir semester sebelum mereka lulus dan menjadi sarjana wajib untuk membuat skripsi. Pada pembuatan skripsi banyak sekali kendala-kendala yang dihadapi oleh mahasiswa, seperti dosen pembimbing tidak mempunyai catatan mengenai sampai tahapan mana mahasiswa yang telah melakukan bimbingan. Masalah lainnya seperti laptop mahasiswa yang rusak sehingga file bimbingan skripsi tidak bisa diakses atau dibuka. Adapun tujuan dari penelitian yaitu membuat aplikasi monitoring bimbingan skripsi berbasis mobile pada Fakultas Komputer Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta untuk mengatasi permasalahan bimbingan skripsi mahasiswa pada Fakultas Komputer. Metode perancangan aplikasi yang digunakan dalam Monitoring Bimbingan Skripsi adalah model waterfall yaitu model pengembangan yang menggambarkan secara sistematis dan terurut dalam merancang sistem informasi yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahapan analisa kebutuhan sistem (requirement analysis), perancangan sistem (system design), pengembangan sistem (system development), pengujian sistem (integration and testing) dan penyerahan sistem ke pengguna atau user yang langsung menggunakan aplikasi, sedangkan yang terakhir adaah perawatan sistem (operation and maintenance).Terakhir adalah hasil dan target dari penelitian berupa aplikasi berbasis mobile dalam monitoring bimbingan skripsi yang dapat di install di handphone sehingga memudahkan mahasiswa, dosen dan Kepala Program Studi untuk memantau bimbingan skripsi.


Full Text:

PDF

References


Albi Anggito & Johan Setiawan. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat.

Kadir, Abdul. (2005). Dasar Pemrograman Java 2, Yogyakarta, Andi Offset.

Pressman RS. (2010). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. Ed ke-7. New York (US): McGraw-Hill.

N Dunn, William. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik (terjemahan), Yogyakarta, Gajahmada University press.

Suryana, Asep, (2010). Strategi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Sistem Penjaminan Mutu Internal Sekolah. Diakses pada 10 November 2022, dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/197203211999031ASEP_SURYANA/Copy_of_STRATEGI_MONITORING_DAN_EVALUASI.pdf

Nugroho, Kristiawan. (2017) “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Bimbingan dan Monitoring Tugas Akhir (Studi Kasus STIKES Estu Utomo Boyolali)”. Jurnal INFOKAM No.I : 15-20.

Nadia, Mustika Sari., Lomo, Mula Tua dan Erli Krisnanik. (2019). “Sistem Informasi Monitoring Pembimbingan Skripsi / TugasAkhir (SIMP-S/TA) Berbasis Android”. Seminar Nasional Informatika, Sistem Informasi dan Keamanan Siber (SEINASI-KESI), Jakarta-Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ridwan Effendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats