Data Mining Pengelompokkan Nilai untuk Menentukan Minat Mata Pelajaran pada Siswa SMA Negeri 1 Kota Gajah

Irfan Setiawan, Heri Nurdiyanto

Abstract


Pilihan minat mata pelajaran Sekolah Menengah Atas merupakan usaha peningkatan kualitas pendidikan yang langsung berkenaan dengan siswa sebagai salah satu bagian dari peningkatan sumber daya mausia (SDM). Pemilihan minat mata pelajaran yang dilakukan selama ini mempunyai banyak kelemahan, antara lain berdasarkan keinginan siswa tanpa melihat latar belakang nilai akademisnya dan tidak ada acuan yang yang jelas untuk melakukan pengelompokkan data nilai siswa. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka dibuat sebuah sistem pengelompokan nilai siswa pada pilihan minat mata pelajaran dengan menerapkan salah satu metode Clustering. Algoritma yang digunakan adalah Algoritma K-Means untuk mengidentifikasi objek yang serupa dengan memperhatikan beberapa kriteria. Dengan demikian hasil dari pengelompokan yang telah dirancang akan membantu pihak SMAN 1 Kota Gajah dalam proses pengelompokan nilai siswa untuk pilihan minat mata pelajaran yang sesuai dengan kriteria, sehinga pengelompokan dapat dilakukan lebih cepat, tepat dan akurat serta terhindar dari kesalahan.

Full Text:

PDF

References


Nas, C. (2021). Data Mining Prediksi Minat Calon Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 11(2), 131–145.

Pasaribu, A. F. O. (2021). Analisis Pola Menggunakan Metode C4.5 Untuk Peminatan Jurusan Siswa Berdasarkan Kurikulum (Studi Kasus: Sman 1 Natar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 80–85.

Putra, D., & Wibowo, A. (2020). Prediksi Keputusan Minat Penjurusan Siswa SMA Yadika 5 Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2, 84–92.

Syahra, Y., Syahril, M., & Yusnidah, Y. (2019). Implementasi data mining dengan menggunakan algoritma fuzzy subtractive clustering dalam pengelompokan nilai untuk menentukan minat belajar siswa SMP primbana Medan. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer), 17(1), 54–63.

Yulianti, Y., Utami, D. Y., Hikmah, N., & Hasan, F. N. (2019). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Untuk Mengetahui Minat Customer di Toko Hijab. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 15(2), 241–246.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Irfan Setiawan, Heri Nurdiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats