Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dalam Menentukan Jenis Tanaman Pangan

Rizki Fahmi Ramadan, Ada Udi Firmansyah

Abstract


Perkembangan teknologi yang begitu pesat sangat membantu dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pertanian. Para petani terkadang kesulitan memperoleh data yang benar mengenai karakteristik lahan yang bisa membuat petani tidak dapat menentukan kesesuaian lahannya. Sistem Pendukung Keputusan dirancang untuk menentukan jenis tanaman pangan. Sistem Pendukung Keputusan diharapkan membantu para petani dalam membuat keputusan melalui perencanaan yang baik. Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) merupakan metode yang dikembangkan oleh seorang professor Thomas L. Saaty, professor matematika University of Pittsburgh. AHP adalah metode untuk memecahkan suatu situasi yang komplek dan tidak terstruktur kedalam beberapa komponen dalam susunan yang hirarki, dengan memberi nilai subjektif tentang pentingnya setiap variabel. Pada metoda ini ditentukan mana variabel yang memiliki prioritas paling tinggi guna mempengaruhi hasil pada situasi tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Sistem Pendukung Keputusan untuk tanaman pangan dapat menyimpan dan melakukan pencarian data dengan cepat serta mempermudah petani menentukan jenis tanaman pangan yang tepat.


Full Text:

PDF

References


Mandala, Eka Praja Wiyata. (2015), Web Programming Project 1 “e.p.w.m Forum”. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Setiawan, Bayu Tris. (2017), Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Jenis Tanaman Pangan dengan Metode AHP, Kediri.

Fitria, M Zulafan Z. (2011), A Decision Making System To Predict Agribusiness Planting Succesfullness Using Analytic Hierarchy Process Method, Bali.

Sovia, Rini dan Jimmy Febio. (2011), Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan HTML, PHP Script, Dan Mysql Database, Padang.

Situmorang Richard. (2014), Analisis Dan Rekayasa Perangkat Lunak Data Pensiun Pada Dinas Komunikas iInformatika Provinsi Sumatera Utara Dengan Model Waterfall, Medan.

Sulistiyani Sri. (2013), PHP & MyAdmin, Yogyakarta :Informatika.

S, Rosa A dan M. Shalahuddin. (2013), Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung : Informatika.

Dermanto, Eko, dkk. (2014). Penerapan Metode Ahp (Analythic Hierarchy Process) Untuk Menentukan Kualitas Gula Tumbu. Jurnal SIMETRIS. Vol. 5 No. 1. ISSN: 2252-4983.

Fazliani, Joan Angelina, dkk. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Unggul Kelapa Sawit dengan Metode Ahp (Analythic Hierarchy Process). Jurnal Prosiding Seminar Ilmu Komputer. Vol. 2 No. 1. ISSN: 2540-7902.

Muhammad, Abulwafa. (2010). Pemilihan Karyawan Berprestasi dengan Metode Ahp (Analythic Hierarchy Process). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol. 1 No. 1. ISSN: 2086-4981.

Jasril, Elin Haerani, dkk. (2011). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy Ahp (F-AHP). Jurnal Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. ISSN: 1907-5022.

Husein, Muhamad Rendra, Agus Wahyu, dkk. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Pananaman Varietas Unggul Padi Menggunakan Metode AHP dan Topsis. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi. Vol. 1 No. 10. ISSN: 2548-964X

Nugroho, Adi. (2005). Rational Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

S, Rosa A dan M. Shalahuddin. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Jilid 2. Bandung: Informatika.

Astuti, Yuli, M. Suyanto, dkk. (2012). AHP untuk Pemodelan SPK Pemilihan Sekolah Tinggi Komputer. Jurnal Teknologi Informasi. Vol. VII No. 20. ISSN: 1907-2430.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rizki Fahmi Ramadan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats