Penerapan Metode Simple Additive Weighting pada Aplikasi Penentuan Pemasok Bahan Makanan dan Minuman

Eka Satryawati, Ahmad Fitriansyah, Irwan Cahyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan pemasok bahan makanan dan minuman dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting berbasis android. Pemilihan pemasok sangat penting dilakukan oleh perusahaan untuk dapat meningkatkan rantai pasokan yang baik dan mendapatkan kualitas mutu bahan yang baik pula. Permasalahan saat ini masih sulit menentukan pemasok yang tepat untuk bahan makanan dan minuman yang dibutuhkan. Pemilihan pemasok yang tepat akan sangat mendukung tercapainya kualitas produk perusahaan. Pemilihan pemasok memberikan dampak antara lain terhadap kualitas bahan baku yang diterima, keterjaminan ketersediaan bahan baku di gudang, dan efisiensi biaya. Penelitian menggunakan metode Simple Additive Weigthing untuk menghasilkan keputusan urutan pemasok terbaik berdasarkan empat kriteria yaitu Harga, Kualitas, Pengiriman dan Pembayaran. Hasil penilaian tingkat kepentingan kriteria dalam dalam pemilihan pemasok menghasilkan skala prioritas atau bobot sebagai berikut : Prioritas I Kualitas (0.4), Prioritas II Harga (0.4), Prioritas III Pengiriman (0.15), Prioritas IV Pembayaran (0.05). Dari pembobotan data akan menghasilkan peringkat pemasok berdasarkan jenis makanan atau minuman tertentu. Hasil penelitian berupa aplikasi android yang digunakan untuk memilih pemasok terbaik untuk 82 jenis bahan makanan atau minuman yang dipasok oleh 70 pemasok berdasarkan skala prioritas kriteria yang sudah ditentukan.


Full Text:

PDF

References


Agustin, R., & Irawan, H. (2019). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier Terbaik dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada PT. Berca Schindler Lifts. IDEALIS : Indonesia Journal Information System, 2(2), 214–221.

Baron, R., N.R, B., & Byrne. (2008). Social Psycology (12 Ed). Boston: Pearson Education.

Edward, D. T., & Rudi, Z. (2018). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier Besi Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weigthing). Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi (JIKSI), 6(2), 64–70.

Indrawan, D., Vitianingsih, A. V., & Shanty, R. N. T. (2016). Implementasi Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemasok Bahan Baku di PT. Abadi Kimia. Jurnal Inform, 1(1), 1–8.

Pradipta, A. Y., & Diana, A. (2017). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier Pada Apotek dengan Menggunakan Metode AHP dan SAW (Studi Kasus Apotek XYZ). Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi (SISFOTEK).

Ruzain, M. D. H. (2017). Skripsi : Implementasi Metode SAW Pada Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pemilihan SMA Swasta di Bandar Lampung Berbasis Web. Jurusan Ilmu Komputer, Universitas Lampung.

Simanungkalit, R. P., Moengin, P., & Adisuwiryo, S. (2017). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Alternatif Supplier Bahan Baku Pada PT. Tesena Inovindo. Prosiding Seminar Nasional Cendikiawan Ke-3.

Sonalitha, E., Sarosa, M., & Naba, A. (2015). Pemilihan Pemasok Bahan Mentah pada Restoran Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process. Jurnal EECCIS, 9(1), 49–54.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Supriyadi, W., Resdiana, & Zahirah, N. A. (2019). Pemilihan Vendor Pengadaan Barang Tingkat Kabupaten Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 1–6.

Terry, G. R. (2000). Prinsip-Prinsip Manajemen. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Turban, E., Aronson, J. E., & Liang, T. (2005). Decision support systems and intelligent system (7th Ed). New Jerseyl: Prentice Hall.

Widiyanesti, S., & Setyorini, R. (2012). Penentuan Kriteria Terpenting Dalam Pemilihan Supplier di Family Business Dengan Menggunakan Pendekatan Analytic Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Pada Perusahaan Garmen PT. X). MAGE : Jurnal Riset Manajemen, 1(1), 45–58.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eka Satryawati, Ahmad Fitriansyah, Irwan Cahyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats