Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam Pemilihan E-Wallet pada Mahasiswa STMIK Dharma Wacana

Usep Saprudin, Inggit Anggraeni

Abstract


Di era teknologi yang semakin canggih  mengakibatkan adanya perkembangan transaksi online yang bertambah pesat di berbagai  macam aspek keuangan. Saat ini pembayaran sangat beraneka ragam dari yang menggunakan uang tunai, kartu, dan dompet digital. Dengan adanya teknologi e-wallet semua transaksi jadi sangat mudah dilakukan dan bisa diakses dimana saja. Dompet digital merupakan alat pembayaran yang sah dibawah pengawasan OJK seperti contoh: Dana, Gopay, Ovo, Shopeepay, Link aja. Dompet digital ini sangat bermanfaat sekali untuk kalangan mahasiswa maupun masyarakat di lingkungan sekitar kampus. Dompet digital merupakan aplikasi yang yang membantu dalam menyimpan dan mengontrol keuangan yang sangat detail. Dengan semakin berkembangnya industri e-wallet maka semua saling bersaing untuk menjadi yang paling mudah diakses dan tanpa biaya admin. Di Indonesia media sosial digunakan untuk strategi pemasaran dan meningkatkan kualitas layanan e-wallet. Di Indonesia tercatat 38 e-wallet yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia contohnya seperti OVO. Dengan adanya berbagai macam jenis e-wallet maka semua perusahaan juga terus menjalankan berbagai inovasi untuk mengenalkan produk kepada masyarakat dengan berbagai macam promosi. Penelitian ini untuk menganalisa pemilihan layanan payment seperti Gopay, OVO, Dana, Link Aja dan Shopee pay di kalangan mahasiswa menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW).


Full Text:

PDF

References


N. C. Resti, (2017). “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi untuk Cabang Baru Toko Pakan UD. Indo Multi Fish,” INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 102–107.

A. S. Putra, D. R. Aryanti, and I. Hartati, (2018). “Metode SAW (Simple Additive Weighting) sebagai Sistem Pendukung Keputusan Guru Berprestasi (Studi Kasus: SMK Global Surya),” in Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, vol. 1, no. 1, pp. 85–97.

F. Ardhy and D. M. Efendi, (2019). “Pemberian Reward Terhadap Karyawan Terbaik Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” J. SIMADA (Sistem Inf. dan Manaj. Basis Data), vol. 2, no. 2, pp. 176–181.

Erinawati, H.D. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Pembayaran Sekolah pada Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Rembang Berbasis Web. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol. 4 No. 4.

M. Ilham and S. Bakhri, (2017). “Pemilihan Karyawan Terbaik Di Pt. Sehat Bahagia Keluarga Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” Paradigma, vol. 19, no. 2, pp. 108–112.

E. A. Riyanto and T. Haryanti, (2017). “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Teller Pooling Terbaik Pada PT. BCA Tbk. Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting),” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 128–135.

A. Salim and B. O. Lubis, (2017). “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jenis Tablet Gaming dengan Menggunakan Analytical Hierarchy Process,” Pros. Semin. Nas. Energi Telekomun. dan Otomasi, pp. 1–9.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Inggit Anggraeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats