Perancangan Firewall dan Spanning Tree Protocol Sebagai Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Aldi Adisty Putra, Ispandi Ispandi, Baginda Oloan Lubis

Abstract


Dalam mengimplementasikan firewall di perusahaan, yang menjadi perhatian adalah perangkat yang digunakan, karena implementasi firewall pada setiap perangkat berbeda, misalnya router Mikrotik berbeda dengan implementasi firewall pada router Cisco route. Firewall ini digunakan untuk menyaring paket yang akan masuk ke jaringan perusahaan dan sebaliknya. Dengan demikian, jaringan perusahaan dapat menjamin keamanan informasi yang masuk atau keluar jaringan. Berdasarkan dari permasalahan yang ada, penelitian dimaksudkan untuk merancang dan menerapkan filtering data pada firewall dengan menggunakan Access Control List. Tujuan dari penelitian ini merancang firewall pada router cisco sebagai mekanisme keamanan jalur informasi yang masuk dan keluar dari jaringan komputer pada suatu perusahaan. Konfigurasi access control list diterapkan sebagai firewall untuk menyaring setiap paket data yang masuk dan keluar dari jaringan komputer perusahaan. Manajemen setiap host yang ada di dalam jaringan komputer dapat digunakan untuk melakukan koneksi keluar dan masuk pada jaringan komputer sebagai penghematan bandwidth. Hasil dari penelitian ini dengan mengaktifkan firewall menggunakan feature Access Control List (ACL) dapat digunakan untuk memblok situs yang dianggap tidak ada relevan dengan kebutuhan kerja dari perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Alifyaa, T. R., Iswahyudi, C., & Rakhmawati, R. Y. (2017). Implementasi Spanning Tree Protocol (STP) Dalam Perancangan Virtual Lacal Area Network (VLAN). Jurnal JARKOM, 5(2), 96–102.

Hidayat, A. S., Sobari, S., Lubis, B. O., & Akhirianto, P. M. (2020). Connetivity Jaringan Public Dengan Satu ISP Menghubungkan Kantor Cabang Dengan Menggunakan Metode Metro Ethernet. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 6(2), 63–73. https://doi.org/10.37012/jtik.v6i2.288

Ramadhan, R. R., & Wijonarko, B. (2020). Implementasi Virtual Local Area Network Dengan Switch Port Pada PT. Maxindo Mitra Solusi Jakarta. Inti Nusa MAndiri, 14(2), 203–210. https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/1225/613

Renwarin, M. V. J., & Radiyah, U. (2021). Implementasi Spanning Tree Protocol (STP) Pada Perancangan Virtual Local Area Network (VLAN) Pada PT. Regalindo Sakti Jakarta. JI-Tech, 17(1), 6–11.

Setyawan, A. (2017). Address Menggunakan Metode Access List Control Pada Router Cisco. Journal Teknik Komputer Amik BSI, III(1), 60–73.

Simamora, S. N. M. P., Hendrarini, N., & Sitepu, L. E. (2011). Metode Access Control List sebagai Solusi Alternatif Seleksi Permintaan Layanan Data Pada Koneksi Internet. Jurnal Teknologi Informasi Politeknik Telkom, 1(1), 15–19.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aldi Adisty Putra, Ispandi Ispandi, Baginda Oloan Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats