Rancang Bangun Aplikasi Identifikasi Penyakit Lambung dengan Menggunakan Metode Fuzzy Mamdami

Dedi Setiadi, Rano Agustino

Abstract


Di era modern ini masyarakat disajikan bermacam-macam teknologi dan juga informasi yang begitu banyak, dari berbagai aspek pendidikan, pekerjaan hingga hiburan, hampir semua sudah menggunakan teknologi dan informasi. Ketergantungan ini membuat masyarakat menjadi sibuk dengan penggunaan teknologi dan iformasi tersebut, sehingga melupakan kesehatan diri sendiri. Banyak penyakit akibat mengabaikan kesehatan diri sendiri, yang sering terjadi adalah penyakit lambung. Dikarenakan kesibukan tersebut ada beberapa masyarakat yang kurang memperhatikan penyakit lambung, dan enggan untuk memeriksakannya dikarenakan kesibukan. Dari kebutuhan inilah peneliti mencoba memberikan kemudahan untuk masyarakat yang ingin memilik informasi tentang penyakit lambung. Aplikasi ini dapat mengidentifikasi penyakit lambung dengan cara mendiagnosa ciri-ciri nya. Aplikasi ini menggunakan Algoritma Fuzzy untuk mencari nilai min dan max nya. Penelitian ini menggunakan Metode Protyping untuk Metode Pengembangan Sistemnya, sedangkan jenis penelitian nya adalah jenis penelitian kualitatif. Aplikasi identifikasi penyakit lambung ini menggunakan metode Fuzzy Mamdani, mampu mendeteksi jenis penyakit dengan metode himpunan fuzzy sehingga dapat memberikan informasi pengobatan penyakit.


Full Text:

PDF

References


Cahyono, J. B. Suharjo B. (2021). Dokter, Mengapa Sakit Lambungku Tak Kunjung Sembuh? Kiat Mengatasi Gangguan Lambung. Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Dantes, Gede Rasben., dkk. (2019). Pengantar Basis Data. Penerbit: PT. Rajagrafindo Persada, Depok.

Harianto Kusno, Heny Pratiwi, dan Yonatan Suharyadi. (2019). Sistem Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi: Dalam Memasuki Dunia Kerja Menggunakan Tracer Study. Penerbit: Media Sahabat Cendekia, Surabaya.

Hidayat, Wahyu, Anita B. Wandayana, Recha Fadriansyah. (2016). Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi Dan Informasi Di SMK Avicena Rajeg Tangerang. Jurnal Cerita, Vol.2 No.1 Februari 2016.

Krissanti, Novika. (2020). Sistem Pencernaan Manusia. Wonosobo.

Maharani, Meilan Anastasia. (2018). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi dengan Codeigniter dan Laravel. Penerbit: CV. Lokomedia, Yogyakarta.

Mulyani, Sri. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah. Penerbit: Abdi Sistematika, Bandung.

Muslihudin, Muhammad., dan Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Imformasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML.Penerbit: CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Prima, Gregorius Agung. (2018). HTML, PHP dan MYSQL Untuk Pemula. Penerbit: PT.Elex Media Komputindo, Jakarta.

Pusadan, Mohammad Yazdi. (2015). Pemrograman Matlab Pada Sistem Pakar Fuzzy. Penerbit: CV. Budi Utama, Yogyakarta.

Ramadhan, Puji Sari. dan Pane, Usti Fatimah S. (2018). Mengenal Metode Sistem Pakar, Penerbit: Uais Inspirasi Indonesia, Ponorogo.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dedi Setiadi, Rano Agustino

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats