Aplikasi Layanan Pengaduan Lampu Penerangan Jalan Umum

Lutfi Andrianto, Sita Muharni

Abstract


Pengaduan adalah setiap kegiatan yang dilakukan untuk melaporkan suatu kegiatan atau kejadian yang akan diakhiri dengan pembuatan laporan. Laporan adalah catatan yang memberikan informasi tentang kegiatan tertentu dan hasilnya yang disampaikan berupa data. Penerangan Lampu jalan merupakan suatu komponen penting pada suatu ruas jalan. Penerangan lampu jalan harus memberikan rasa aman dan nyaman khususnya pada saat malam hari kepada pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun suatu aplikasi layanan pengaduan permasalahan lampu penerangan jalan. Dalam merancang dan membangun aplikasi layanan pengaduan menggunakan metode SDLC (Software Development Life cycle) dengan permodelan RAD (Rapid Aplication Development) dengan hasil akhir sebuah aplikasi yang dapat membantu staf mengelola laporan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Hakim, D. K., (2018). Pembangunan Aplikasi Pelaporan Perijinan dengan Online Analytical Processing (OLAP). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2.

Maulidiansyah R., Rakhman D. F., Ramdhani, M. A., (2017). Aplikasi Pelaporan Kerusakan Jalan Tol Menggunakan Layanan Web Service Berbasis Android. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Mahaldi, I., (2018). Perancangan Sistem Pelaporan Kerusakan Jalan Di Kota Medan. Program Studi D3 Teknik Informatika Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara Medan.

Turaina R., Putri, N. E., Anwar, N., (2018). Aplikasi Pelaporan Aktivitas Siswa kepada Orang Tua Berbasis Web dan SMS Gateway. Indonesian Journal of Computer Science Vol 7 No 1 April 2018 Issue.

Alamsyah, A., (2020). Aplikasi Pelaporan Kerusakan Perlengkapan Kantor Menggunakan Metode Json Melalui Fungsi IP Camera. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) Vol 5, No 2.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lutfi Andrianto, Sita Muharni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats