Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik dengan Metode Analytical Hierarchy Process pada PT Hyper Mega Shipping

Muhammad Gusvarizon, Putu Tirta Sari Ningsih, Ahmad Doddy Prasetyo

Abstract


Penilaian terhadap suatu pekerjaan dalam sebuah perusahaan merupakan suatu tahap evaluasi kerja yang dapat meningkatkan kualitas pekerjaan. Peningkatan kualitas pekerjaan penting bagi kelangsungan aktivitas perusahaan. Untuk itu penilaian kinerja karyawan adalah hal yang sebaiknya dilakukan dalam rangka peningkatan produktifitas perusahaan. Penilaian kinerja karyawan diharapkan mampu berperan sebagai pendorong bagi karyawan untuk menunjukkan kemampuan dan keahlian yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem pendukung keputusan yang dapat memudahkan dalam menetapkan karyawan terbaik pada PT Hyper Mega Shipping berdasarkan kriteria yang telah ditentukan perusahaan. Sistem pendukung keputusan dirancang dengan metode analytical hierarcy process (AHP). Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu metode pendukung keputusan yang dikembangkan oleh seorang professor Thomas L. Saaty, professor matematika University of Pittsburgh. AHP adalah metode untuk memecahkan suatu situasi yang komplek dan tidak terstruktur kedalam beberapa komponen dalam susunan yang hirarki, dengan memberi nilai subjektif tentang pentingnya setiap variabel. Pada metoda ini ditentukan mana variabel yang memiliki prioritas paling tinggi guna mempengaruhi hasil pada situasi tersebut. Berdasarkan hasil analisa, sistem pendukung keputusan ini dapat mempermudah proses penilaian kinerja karyawan serta mempermudah dalam menetapkan karyawan terbaik.


Full Text:

PDF

References


Adityo, Mochamad Rizki, Nunu Kustian, and Ek Ajeng Rahmi Pinahayu. (2021). "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Pada CV.Yulindo Multipratama Jakarta." Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan (JRKT).

Cholifah, Wahyu Nur, Yulianingsih, and Sri Melati Sagita. (2018). "Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap." Jurnal String Vol.3 No.2 Desember 2018.

Fathansyah. (2018). Basis Data. Bandung: Informatika Bandung.

Hasanudin, Muhaimin, Yansen Marli, and Beni Hendriawan. (2018). "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus Pada PT. Bando Indonesia)." Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2018.

Iskandar, Dalieh, and Muhammad Hermansyah. (2020). "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus KUD Sumber Rejo Unit SKT)." Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE).

Marsono. (2020). Penggunaan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam Penelitian. Bogor: In Media.

P, Panji Andhika, Eka Ridhawati, and Dwiki Wachyu Aji. (2020). "Model Pengambilan Keputusan Dalam Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting." Jurnal Cendikia 430.

Pahlevy. (2010). Pengertian Flowchart dan Definisi Data. Jakarta: Elex Media.

Pratiwi, Heny. (2016). Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Pribadi, Denny, Rizal Amegia Saputra, Jamal Maulana Hudin, and Gunawan. (2018). Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sandika, Imam. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Dengan Metode Rating Scale (Studi Kasus : Yayasan Mandiri Amal Insani).

Solichin, Achmad. (2016). Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Universitas Budi Luhur.

Sukamto, Rosa Ariani, and Muhammad Shalahuddin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak terstruktur dan berorientasi objek edisi revisi. Bandung: Informatika Bandung.

Supono, and Virdiandry Putratama. (2016). Pemrograman Web dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Supriadi, Apip, Andi Rustandi, Dwi Hastuti Lestari Komarlina, and Gusti Tia Ardiani. (2018). Analytical Hierarcy Process (AHP) Teknik Penentuan Strategi Daya Saing Kerajinan Bordir. Yogyakarta: Deepublish.

Suryadi, Kadarsah, and Ali Ramdhani. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengembangan Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Gusvarizon, Putu Tirta Sari Ningsih, Ahmad Doddy Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats