Rancang Bangun Aplikasi E-Learning Sebagai Media Pembelajaran di LKP Naistudio Academy

Edwin Naista, Muhammad Adie Syaputra

Abstract


Pembelajaran merupakan unsur yang sangat penting dalam pendidikan di Indonesia. Terdapat berbagai macam strategi dan pendekatan pembelajaran yang dapat diadopsi berdasarkan kondisi yang ada. Dengan adanya e-learning, interaksi antara pendidik dan peserta didik akan lebih praktis karena mereka tidak perlu melakukan perjalanan untuk bertemu. Selain itu, tidak ada ruang kelas sebagai tempat belajar formal. Model pembelajaran konvensional mengharuskan peserta didik untuk menghafal materi yang diberikan oleh pendidik dan proses belajar mengajar harus dilakukan di dalam ruang kelas. Selain itu untuk peserta didik yang tidak bisa hadir akan tertinggal materi yang di berikan oleh pendidik. Dari hasil observasi pada LKP Naistudo Academy peneliti melakukan perancangan aplikasi e-learning sebagai media pembelajaran di LKP Naistudio Academy dengan menggunakan langkah-langkah kerangka kerja (framework). Dengan aplikasi e-learning pada LKP Naistudio Academy diharapkan dapat memudahkan pendidik dan perserta didik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar, dan dapat meningkatkan pelayanan pada peserta didik sekaligus membatu pekerjaan pihak lembaga kursus, sehingga dapat berkembang dengan pesat sesuai visi dan misi lembaga tersebut.

Full Text:

PDF

References


Andry, J., & Stefanus, M. (2020). Pengembangan aplikasi E-learning Berbasis web menggunakan model waterfall pada SMK Strada 2 Jakarta. Jurnal Fasilkom (Teknologi InFormASi Dan ILmu KOMputer), 10(1), 1–10.

Hanindia, M., Swari, P., Perdana, L., & Sugiharto, R. (n.d.). Rancang Bangun Media Pembelajaran E-Learning Di SMA Muhammadiyah 1 Denpasar, Bali.

Renaldy Suteja, B., & Harjoko, A. (2008). UPN “Veteran” Yogyakarta. Seminar Nasional Informatika.

Rohani Akademi Manajemen Informatika dan Komputer, Y., & Yogyakarta, B. (2015). Rancangan Aplikasi E-Learning Pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bianglala Informatika, 3(2).

Rosandy, T., Handayani, R. D., & Fajri, M. (n.d.). Rancang Bangun Aplikasi E-Sertifikat Bina Baca Quran Mahasiswa IIB Darmajaya Berbasis Android (Vol. 22, Issue 93).

Sihotang, H. T. (2017). Pembuatan Aplikasi E-Learning Pada SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan. In Jurnal Mantik Penusa (Vol. 1, Issue 2).

Susanti, E., & Sholeh, M. (n.d.). Rancang Bangun Aplikasi Elearning (Erma Susanti) 53 Rancang Bangun Aplikasi E-Learning.

Yauma, A., Fitri, I., & Ningsih, S. (2021). Learning Management System (LMS) pada E-Learning Menggunakan Metode Agile dan Waterfall berbasis Website. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 5(3), 323–328.

Yazdi, M., Jurusan, D., Fakultas, M., Dan Ilmu, M., & Alam, P. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. In Jurnal Ilmiah Foristek (Vol. 2, Issue 1). http://www.yazdilabs.net

Yoga Pudya Ardhana, V., Sapi, M., & Dermawan Mulyodiputro, M. (2021). Sistem Informasi E-Learning Berbasis Web Pada Universitas Qamarul Huda Badaruddin. In SIJ (Vol. 4, Issue 1).

Zen, M., Rizal, C., Eka, M. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Absensi Siswa (Studi Kasus LKP Karya Prima Kursus). Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 2.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edwin Naista, Muhammad Adie Syaputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats