Analisis Sentimen Terhadap Pembobolan Data pada Twitter dengan Algoritma Naive Bayes

Ahmad Turmudi Zy, Agung Nugroho, Ahmad Rivaldi, Irfan Afriantoro

Abstract


Perkembangan teknologi informasi kini sangat cepat dan jauh berbeda dengan masa awal kehadirannya. Era globalisasi telah menempatkan peranan teknologi informasi ke dalam suatu posisi yang sangat strategis karena dapat menghadirkan suatu dunia tanpa batas, jarak, ruang, dan waktu serta dapat meningkatkan produktivitas serta efisiensi. Twitter merupakan media sosial yang mudah digunakan untuk penyebaran informasi secara cepat dan luas. Sejak ramainya kasus Bjorka hal itu memicu banyak masyarakat yang mengkritik di berbagai media sosial salah satu diantaranya media sosial Twitter sehingga kritik atau opini tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan analisis sentimen. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan sebuah metode yang dapat secara otomatis melakukan klasifikasi opini ke dalam kategori positif dan negatif melalui proses analisis sentimen. Proses analisis sentimen dilakukan dengan proses data preprocessing, pembobotan kata menggunakan metode TF-IDF, penerapan algoritma, dan pembahasan atas hasil klasifikasi. Metode klasifikasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Naive Bayes Classifier (NBC). Data tersebut akan diproses menggunakan text mining dan klasifikasi menggunakan algoritma Naive Bayes. Metode tersebut menghasilkan tingkat dan hasil yang cukup baik. Klasifikasi dapat memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melihat opini positif dan negatif. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, hasil klasifikasi terbaik diperoleh dengan nilai accuracy, precision, dan recall tertinggi yang mendapatkan hasil dengan nilai accuracy 98.33%, precision 100.00%, dan recall sebanyak 97.13%.


Full Text:

PDF

References


R. Aswandi, P. Rofifah, N. Muchsin, and M. Sultan, “Perlindungan Data Dan Informasi Pribadi Melalui Indonesian Data Protection System (IDPS).” [Online]. Available: https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt5d1c3962e01a4/perlindungandata-pribadi-tersebar-

M. H. Rumlus and H. Hartadi, (2020). “Kebijakan Penanggulangan Pencurian Data Pribadi dalam Media Elektronik,” Jurnal HAM, vol. 11, no. 2, p. 285, Aug. 2020, doi: 10.30641/ham.2020.11.285-299.

Siti Nieke Noviyanti, (2022). “Viral! Hacker Bjorka Bikin Geger Indonesia Sebut Berhasil Bongkar Data Negara, Siapa Dia Sebenarnya?,” jurnalsoreang.com, Sep. 20, 2022.

Satria Dwi Kurniawan, (2022). “Bjorka vs Pemerintah,” kompasiana.com, Sep. 15 2022.

Agatha Vidya Nariswari, (2022). “Beragam Respons Pemerintah Terkait Ulah Hacker Bjorka, Bakal Bentuk Timsus,” suara.com, Sep. 12, 2022.

Devira Prastiwi, (2022). “6 Tanggapan Berbagai Pihak soal Kemunculan Hacker Bjorka,” liputan6.com, Sep. 12, 2022.

Chyntia Sami Bhayangkara, (2022). “Grusa-grusu Pemerintah Buru Bjorka, Pengalihan Kasus Sambo?,” suara.com, Sep. 17, 2022.

A. Akhtar, S. Javaid, S. Ejaz, and R. S. Satti, (2019). “Data Analysis of Educational Websites Using RapidMiner,” . Available: http://preston.edu.pk/courses.php

G. Gupta and G. S. Bhathal, (2018). “Sentiment Analysis Of English Tweets Using Data Mining". Sentiment Analysis. BookRix.

W. A. Prabowo and C. Wiguna, (2021). “Sistem Informasi UMKM Bengkel Berbasis Web Menggunakan Metode SCRUM,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 5, no. 1, p. 149, Jan. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2604.

Tsalis Annisa, (2021). “Mengenal peran sentiment analysis beserta cara kerjanya,” ekrut.com, Nov. 10, 2021.

N. Ruhyana, “Analisis Sentimen Terhadap Penerapan Sistem Plat Nomor Ganjil/Genap Pada Twitter Dengan Metode Klasifikasi Naive Bayes.” [Online]. Available: www.situs.com

A. P. Giovani, A. Ardiansyah, T. Haryanti, L. Kurniawati, and W. Gata, “Analisis Sentimen Aplikasi Ruang Guru Di Twitter Menggunakan Algoritma Klasifikasi,” Jurnal Teknoinfo, vol. 14, no. 2, p. 115, Jul. 2020, doi: 10.33365/jti.v14i2.679.

A. Yadav, C. K. Jha, A. Sharan, and V. Vaish, “Sentiment analysis of financial news using unsupervised approach,” in Procedia Computer Science, 2020, vol. 167, pp. 589–598. doi: 10.1016/j.procs.2020.03.325.

R. Nofitri and N. Irawati, “Integrasi Metode Neive Bayes Dan Software Rapidminer Dalam Analisis Hasil Usaha Perusahaan Dagang,” JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 6, no. 1, pp. 35–42, Dec. 2019, doi: 10.33330/jurteksi.v6i1.393.

D. B. Srisulistiowati1, M. Khaerudin2, S. Rejeki3, and U. Bhayangkara Jakarta, “Sistem Informasi Prediksi Penjualan Alat Tulis Kantor Dengan Metode Fp-Growth (Studi Kasus Toko Koperasi Sekolah Bina Mulia).”

O. Somantri, “JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Analisis Sentimen Penilaian Tempat Tujuan Wisata Kota Tegal Berbasis Text Mining”, [Online]. Available: www.google.com/maps

M. Allahyari et al., “A Brief Survey of Text Mining: Classification, Clustering and Extraction Techniques,” Jul. 2017, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/1707.02919

E. Sabna, “Penerapan Text Mining Untuk Pengelompokan Penelitian Dosen,” Jurnal Ilmu Komputer, vol. 9, no. 2, pp. 161–164, Oct. 2020, doi: 10.33060/jik/2020/vol9.iss2.183.

N. Ruhyana, “Analisis Sentimen Terhadap Penerapan Sistem Plat Nomor Ganjil/Genap Pada Twitter Dengan Metode Klasifikasi Naive Bayes.” [Online]. Available: www.situs.com




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Turmudi Zy, Agung Nugroho, Ahmad Rivaldi, Irfan Afriantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats