Perancangan E-Raport Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis Design

Ria Andryani, Aris Budiman

Abstract


SDN 4 Simpang Tanjung Belimbing adalah Sekolah Dasar Negeri yang beralamat di Desa Tanjung, Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Sistem informasi akademik yang berjalan di sekolah ini belum optimal dikarenakan sistem yang digunakan masih bersifat manual. Dengan permasalahan tersebut maka muncul berbagai permasalahan terutama pada proses pencatatan data guru, siswa, kehadiran siswa dan penilaian mata pelajaran. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah membuat suatu sistem informasi akademik berbasis web dengan menggunakan metode Object Oriented Analysis Design. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model Rapid Application Development (RAD) sehingga dapat dihasilkan aplikasi yang memberikan informasi Raport siswa yang diharapkan. Dengan adanya sistem e-raport berbasis web, maka penyajian informasi akademik pada SDN 4 Simpang Tanjung Belimbing menjadi lebih cepat. Pengelolaan data-data menjadi lebih mudah, serta dapat memberikan efisiensi waktu dan efektifitas dalam pembuatan laporan. Dengan adanya Sistem Informasi Pengolahan Nilai Raport yang diusulkan dapat membantu dalam pencarian data nilai siswa karena data nilai siswa sudah tersimpan dalam database. Rekomendasi yang dapat disampaikan, untuk pengembangan sistem E-Raport ini agar ditambahkan fitur untuk para wali siswa bisa mengirim pesan kepada wali kelas ataupun guru agar bisa berkonsultasi. Serta bisa dikembangkan sistem absensi yang langsung terhubung ke wali kelas dan dapat langsung direkap secara otomatis.

 


Full Text:

PDF

References


Anofrizen, & Fadlan, A. (2015). Mobile Aplication Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Aplication Development (RAD) (Studi Kasus : LBPP Lia Pekanbaru). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 1(2).

Sulaiman, H., Indriyanti, & Qomaruddin, M. (2019). Program Aplikasi Pengolahan Nilai Rapor Siswa pada MDTA Nurul Ikhlas Kabupaten Sukabumi. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 7(1).

Sulistyanto, H., & SN, A. (2017). Urgensi Pengujian Pada Kemajemukan Perangkat Lunak Dalam Multi Perspektif. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 4(1).

Wamese, Y. M. (2018). Sistem Informasi Event Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Di UIN Raden Fatah Palembang. Palembang: UPT Perpustakaan Pusat .




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 aris budiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats